Hikmawati, Siti Vera (2024) Efektivitas Penerapan Metode Utsmani dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al Qur’an Siswa SMP PKBM Alam Semerbak Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210081_Cover.pdf Download (258kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210081_Lampiran Depan.pdf Download (960kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210081_Bab I.pdf Download (391kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210081_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (704kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210081_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (274kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210081_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (564kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210081_Bab V.pdf Download (159kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210081_Daftar Pustaka.pdf Download (281kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode utsmani di pkbm alam semerbak kabupaten tangerang dan mengetahui hasil efektivitas penerapan metode utsmani dalam meningkatkan kualitas bacaan al-qur’an siswa SMP PKBM Alam Semerbak Kabupaten Tangerang. Adapun manfaat penelitian ini yaitu untuk membantu dalam meningkatkan pengetahuan tentang cara belajar al-qur’an yang benar dan efektif. Penelitian ini memggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriftif. Jenis penelitian ini yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data ini peneliti menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber dan jenis data yang diperoleh dari penelitian ini terdapat dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan faktor keberhasilannya adalah dengan menggunakan metode yang tepat, sesuai dengan kondisi dan karakteristik setiap individu peserta didik. Metode utsmani dapat memudahkan siswa mengenal kaidah ilmu tajwid. Dengan teknik talaqi siswa mampu menirukan apa yang telah disampaikan oleh guru, sesuai kaidah ilmu tajwid serta membaca al-qur’an dengan menerapkan sifat dan makhrojnya. Dalam pembelajaran Al-Qur’an salah satu yang harus dijadikan acuan dalam membenarkan kualitas bacaan Al-Qur’an tentunya siswa dapat membaca sesuai aturannya. Karena bukan hanya ketepatan membaca semata, akan tetapi kaidah-kaidah tajwid dan panjang pendek bacaan juga harus diperhatikan. Sehingga dengan adanya target pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Metode Utsmani mempunyai target yang diharapkan secara umum yaitu siswa mampu membaca al-qur’an dengan tartil sesuai kaidah ilmu tajwid sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulallah SAW. Target dari metode ini bisa menggambarkan bahwa dengan metode Utsmani dapat mengembangkan bacaan al-qur’an dengan benar yang sesuai dengan bacaan Nabi Muhammad SAW.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Penerapan metode, metode Utsmani, Al-Qur'an |
| Subjek: | 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.12 Ilmu-ilmu qiraat |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 03 Jun 2025 03:38 |
| Perubahan Terakhir: | 03 Jun 2025 03:38 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16929 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
