Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Game Kahoot terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah

Wirdaini, Maulidiyah (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Game Kahoot terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240063_Cover.pdf

Download (345kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240063_Lampiran Depan.pdf

Download (999kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240063_Bab I.pdf

Download (308kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240063_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (456kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240063_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (369kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240063_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (478kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240063_Bab V.pdf

Download (167kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240063_Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran kooperatif berbantuan game kahoot terhadap sikap percaya diri siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan peneliti yaitu jenis Quasi eksperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah angket, dan hasilnya dianalisis menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen sebelum perlakuan sebesar 90,13 dan rata-rata sesudah perlakuan sebesar 100,71 Sedangkan kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata sebelum perlakuan sebesar 95,63 dan sesudah perlakuan sebesar 93,44. Hasil uji t menggunakan independen sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig (2 tailed) yaitu sebesar 0,001. Nilai 0,001< 0,05. Dengan ini dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan game kahoot terhadap sikap percaya diri siswa kelas III MI Islamiyah Ciwaru Kota Serang. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar pendidik dapat menggunakan media pembelajaran berbasis game untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan sikap percaya diri siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembelajaran kooperatif, game kahoot, sikap percaya diri
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I FN H
Tanggal Disetorkan: 26 Mei 2025 07:14
Perubahan Terakhir: 26 Mei 2025 07:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16879

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.