Febriyanti, Fety (2024) Analisis Semiotika Roland Bathes Gaya Komunikasi Politik Calon Presiden Periode 2024-2029 (Studi pada Tayangan Youtube Najwa Shihab Program Tiga Bacapres Bicara Gagasan). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_KPI_201510015_Cover.pdf Download (206kB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510015_Lampiran Depan.pdf Download (547kB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510015_Bab I.pdf Download (437kB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510015_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (470kB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510015_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (419kB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510015_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (872kB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510015_Bab V.pdf Download (294kB) |
![]() |
Teks
S_KPI_201510015_Daftar Pustaka.pdf Download (416kB) |
Abstrak
Tahun 2024 menjadi tahun politik bagi Indonesia karena akan di laksanakan pemilihan umum presiden dan wakil presiden. Pada pemilu eksekutif kali ini terdapat tiga bacapres yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Berbagai strategi di lakukan bagi calon presiden dan wakil presiden untuk meraih suara masyarakat. Salah satu cara yang dapat di lakukan yaitu dengan menciptakan personal branding aktor politik melalui gaya komunikasi. Gaya komunikasi setiap individu memiliki ciri khas tersendiri, terutama aktor politik dalam berkomunikasi dengan masyarakat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana makna denotasi, konotasi, dan mitos gaya politik Anies Baswedan sebagai calon presiden periode 2024-2029 dalam tayangan Youtube Najwa Shihab program Tiga Bacapres Bicara Gagasan?, 2) Bagaimana makna denotasi, konotasi, dan mitos gaya politik Ganjar Pranowo sebagai calon presiden periode 2024 2029 dalam tayangan Youtube Najwa Shihab program Tiga Bacapres Bicara Gagasan?, 3) Bagaimana makna denotasi, konotasi, dan mitos gaya politik Prabowo Subianto sebagai calon presiden periode 2024-2029 dalam tayangan Youtube Najwa Shihab program Tiga Bacapres Bicara Gagasan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi,dokumentasi, dan analisis data. Analisis data yang digunakan yaitu analisis semiotika Roland Bathes. Penelitian dilaksanakan pada 1 Mei 2024 hingga 15 September 2024, dengan melakukan pengamatan terhadap vidio di Youtube Najwa Shihab program Tiga Bacapres Bicara Gagasan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Makna denotasi,konotasi,dan mitos gaya komunikasi politik Anies Baswedan menunjukkan gaya komunikasi animasi ekspresif, gaya komunikasi dramatis, dan gaya komunikasi santai. Selain itu, gaya bahasa yang digunakan Anies memiliki muatan akademis intelektual karena kata-kata yang terstruktur serta menekankan pada retorika. 2) Makna denotasi,konotasi,dan mitos gaya komunikasi politik Ganjar Pranowo menunjukkan gaya komunikasi animasi ekspresif,gaya komunikasi santai, gaya komunikasi terbuka, dan gaya komunikasi penuh perhatian. Sedangkan gaya bahasa yang di gunakan Ganjar menunjukkan menyampain pesan secara langsung dan jelas. 3) Makna denotasi,konotasi,dan mitos gaya komunikasi politik Prabowo menunjukkan gaya komunikasi animasi ekspresif, gaya komunikasi bersahabat, dan gaya komunikasi terbuka. Sedangkan gaya bahasa yang di gunakan Prabowo menunjukkan penggunaan kata langsung pada inti pesan yang disampaikan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Gaya komunikasi, calon presiden, analisis semiotika |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 12 Mar 2025 02:17 |
Perubahan Terakhir: | 12 Mar 2025 02:17 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16576 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |