Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mengembangan Brand Pakaian Muslim (Studi Kasus Ranaya Butik Kota Serang)

Zulaeha, Zulaeha (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mengembangan Brand Pakaian Muslim (Studi Kasus Ranaya Butik Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510125_Cover.pdf

Download (54kB)
[img] Teks
S_KPI_201510125_Lampiran Depan.pdf

Download (372kB)
[img] Teks
S_KPI_201510125_Bab I.pdf

Download (251kB)
[img] Teks
S_KPI_201510125_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (455kB)
[img] Teks
S_KPI_201510125_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (109kB)
[img] Teks
S_KPI_201510125_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (783kB)
[img] Teks
S_KPI_201510125_Bab V.pdf

Download (80kB)
[img] Teks
S_KPI_201510125_Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB)

Abstrak

Indonesia mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2020 sebesar -2,07 %. Hal ini menyebabkan perekonomian Indonesia pada tahun 2020 mengalami deflasi atau penurunan drastis karena perkembangan ekonomi di Indonesia mempunyai pergerakan yang kurang stabil. yang membuat penurunan daya beli masyarakat dan membuat stok busana muslim dari industri kecil menengah menjadi menumpuk. Di sisi lain, dampak globalisasi pasar juga memperburuk situasi dengan memperkenalkan tingkat persaingan yang semakin intens. Dengan banyaknya brand internasional yang memasuki pasar lokal, brand pakaian muslim lokal harus menghadapi kompetisi yang lebih ketat, baik dalam hal harga maupun inovasi produk. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Butik Ranaya dalam mengembangkan brand pakaian muslim? 2) Apa faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi strategi komunikasi pemasaran brand pakaian muslim pada Butik Ranaya?. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Butik Ranaya dalam mengembangkan brand pakaian muslim. Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi strategi komunikasi pemasaran brand pakaian muslim pada Butik Ranaya. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan yaitu dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori Integrated Marketing Communocation ( IMC) Don Shultz Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Butik Ranaya menggunakan strategi segmentasi, targeting, positioning, serta melakukan komunikasi pemasaran terpadu Integrated Marketing Communication (IMC) dalam mengembangkan brand pakaian muslim mereka. Adapun faktor pendukung dalam implementasi strategi komunikasi pemasaran Butik Ranaya dalam mengembangkan brand-nya yaitu memiliki kualitas produk yang unggul, variasi model pakaian, bahan yang nyaman, reputasi yang baik, dan jaringan penjualan yang luas. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya variasi ukuran pakaian, tidak adanya penggunaan endorsment, perubahan tren yang cepat, dan persaingan yang ketat diindustri pakaian muslim.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi komunikasi pemasaran, pengembangan brand, pakaian muslim
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 11 Mar 2025 03:55
Perubahan Terakhir: 11 Mar 2025 03:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16565

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.