Subjective Well-Being Guru Honorer PAI di Sekolah Dasar Negeri Se-Kota Serang

Suryadi, Suryadi (2023) Subjective Well-Being Guru Honorer PAI di Sekolah Dasar Negeri Se-Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_181210175_Cover.pdf

Download (188kB)
[img] Teks
S_PAI_181210175_Lampiran Depan.pdf

Download (606kB)
[img] Teks
S_PAI_181210175_Bab I.pdf

Download (676kB)
[img] Teks
S_PAI_181210175_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (794kB)
[img] Teks
S_PAI_181210175_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (214kB)
[img] Teks
S_PAI_181210175_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_181210175_Bab V.pdf

Download (39kB)
[img] Teks
S_PAI_181210175_Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB)

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengetahui faktor faktor optimis dalam kesejahteraan subjektif guru honorer pendidikan agama Islam sekolah dasar negeri Se-Kota Serang. Latar belakang penelitian berkaitan dengan permasalahan kesejahteraan guru honorer yang sampai saat ini belum terselesaikan yang berdampak pada kesejahteraan subjektif guru honorer pendidikan agama Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kondisi guru honorer Pendidikan agama islam sangat memprihatinkan, sedangkan mengenai kesejahteraan subjektif mereka menyatakan bahwa mereka bahagia, bangga, puas dan optimis dalam menjalani kehidupan. Berdasarkan hasil penemuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1) Guru honorer pendidikan agama islam di sekolah dasar negeri se-Kota Serang merasakan kebahagiaan dan kebersyukuran atas profesi yang sedang mereka jalani. Penilaian atas kepuasan hidup menunjukan bahwa kesejahteraan subjektif guru honorer pendidikan agama islam di sekolah dasar negeri se-Kota Serang merasa cukup puas atas kehidupannya yang pengaruhi beberapa faktor, yaitu: Guru pendidikan agama islam adalah profesi yang mulia, harga diri dan kontrol diri, tujuan hidup, dukungan orang-orang tercinta, lingkungan kerja yang nyaman dan dihargai oleh sekitar. 2) Dilihat dari faktor kesejahteraan subjektif, yakni pada faktor optimis, guru honorer pendidikan agama islam di sekolah dasar negeri se-Kota Serang memiliki keoptimisan. Guru honorer mengaku bahwa mereka optimis atas masa depannya dengan selalu berpikir dan melakukan hal yang positif. Keoptimisan itu lahir disebabkan oleh beberapa hal, yaitu: Keyakinan, Terdapat nilai ibadah, Cita-cita, disiplin, Kompetisi dan kompetensi, dan dukungan dari lingkungan sekitar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Subjecktive well-being, guru honorer PAI, Sekolah Dasar Negeri, Kota Serang
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 06 Mar 2025 04:53
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2025 04:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16520

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.