Pengembangan Media Permainan Tapak Gunung Terhadap Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Usia Dini Kelompok B Raudhatul Athfal Ar-Rafah Kab.Tangerang.

Nabila, Dini Farah (2024) Pengembangan Media Permainan Tapak Gunung Terhadap Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Usia Dini Kelompok B Raudhatul Athfal Ar-Rafah Kab.Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_181260005_COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260005_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260005_BAB I.pdf

Download (674kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260005_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (737kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260005_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (759kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260005_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260005_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260005_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstrak

Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, di pasar, dalam masyarakat atau dimana saja manusia berada. Komunikasi sangat penting bagi kehidupan manusia. Berkembangnya pengetahuan manusia dari hari ke hari karena komunikasi. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media permainan tapak gunung terhadap kemampuan berbahasa lisan anak usia dini, (2) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas dan kelayakan media permainan tapak gunung dalam mengembangkan kemampuan bahasa lisan anak usia dini di kelompok B Raudhatul Athfal Ar-rafah, (3) Untuk mengetahui bagaimana implementasi dari media permainan tapak gunung terhadap kemampuan berbahasa lisan anak usia dini di kelompok B Raudhatul Athfal Ar-rafah. Jenis penelitian menggunakan (r&d)) Research and Development / Penelitian dan Pengembangan berdasarkan modifikasi yang dikembangkan oleh Addie, dilakukan 5 tahapan diantaranya: (1) Analysis (Analisa), (2) Design (rancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi/eksekusi), (5) Evaluation (umpan balik). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Teknik pengumpulan data angket/kuesioner, analisis hasil validasi, lembar penilaian berbahasa lisan anak usia 5-6 tahun dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan: (1) Menghasilkan sebuah produk media permainan tapak gunung, (2) kelayakan media permainan tapak gunung dapat dilihat dari hasil validasi oleh validator. Rata-rata penilaian validator 1 mendapatkan presentase kelayakan sebesar 95% kategori sangat layak dan rata-rata penilaian validator ke 2 mendapatkan presentase kelayakan 95% kategori sangat layak selanjutnya dari praktisi mendapatkan presentase sebesar 87% kategori sangat layak, (3) dari hasil uji coba efektifitas produk media permainan tapak gunung pada anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 24 siswa telah memperoleh data total nilai rata-rata pada post-test sebesar 85,76%. Sebelum dan sesudah diberikan perlakuan media permainan taak gunung mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai post-test pada anak usia 5-6 tahun lebih baik dari pada nilai pre-test. Dengan demikian media permainan tapak gunung layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa lisan kepada anak usia 5-6 tahun.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): anak usia dini, bahasa lisan, media permainan tapak gunung
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.6 Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 06 Mar 2025 04:58
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2025 04:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16517

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.