Khoirilyah,, Lia (2024) Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Pada Mahasiswa. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_BKI_201520171_COVER.pdf Download (95kB) |
![]() |
Teks
S_BKI_201520171_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (589kB) |
![]() |
Teks
S_BKI_201520171_BAB I.pdf Download (187kB) |
![]() |
Teks
S_BKI_201520171_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (331kB) |
![]() |
Teks
S_BKI_201520171_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (307kB) |
![]() |
Teks
S_BKI_201520171_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (259kB) |
![]() |
Teks
S_BKI_201520171_BAB V.pdf Download (33kB) |
![]() |
Teks
DS_BKI_201520171_AFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi di mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten bahwa terdapat beberapa mahasiswa yang memiliki self-efficacy yang rendah. Hal ini bisa dilihat dari mahasiswa belum yakin akan kemampuan yang dimilikinya, tidak yakin dalam menyelesaikan masalah yang ia hadapi, kurang yakin akan kemampuan untuk mengerjakan tugas dan mudah putus asa ketika dalam kesulitan. Melalui bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing diharapkan dapat meningkatkan self-efficacy mahasiswa . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan self-efficacy pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Banten Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis pre�eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 89 mahasiswa Bimbingan Konseling Islam dengan jumlah sampel sebayak 10 orang mahasiswa yang memiliki self-efficacy rendah, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposie sampling . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner skala self-efficacy disebarkan melalui google form kepada mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Wilcoxon dengan bantuan IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor dari rata-rata hasil pretest dan posttest pada tingkat self-efficacy mahasiswa, skor pretest sebelum diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik role playing yaitu 519 dengan rata-rata 51,90. Setelah melakukan treatment skor posttest yaitu 893 dengan nilai rata�rata 89,30. Berdasarkan hasil uji hipotesis Wilcoxon diperoleh nilai Asymp.Sig. (2- tailed) tingkat self efficacy sebesar 0.005 dimana nilai signifikan lebih kecil dari tingkat probabilitas yaitu 0.05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hal tersebut dapat diartikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan self efficacy pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Bante
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I : Dr. Kholid, M.S. Pembimbing II: Dr. Yogi Damai Syaputra, M.Pd, |
Kata Kunci (keywords): | Self-Efficacy, Bimbingan Kelompok, Role Playing |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 06 Mar 2025 06:29 |
Perubahan Terakhir: | 06 Mar 2025 06:29 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16440 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |