Safira, Safira (2025) Analisis Proses Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PAI Materi Zakat di Kelas VII SMPIT Widya Cendekia Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PAI_201210103_Cover.pdf Download (129kB) |
|
Teks
S_PAI_201210103_Lampiran Depan Download (884kB) |
|
Teks
S_PAI_201210103_BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Teks
S_PAI_201210103_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (384kB) |
|
Teks
S_PAI_201210103_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (213kB) |
|
Teks
S_PAI_201210103_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (363kB) |
|
Teks
S_PAI_201210103_BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Teks
S_PAI_201210103_Daftar Pustaka.pdf Download (297kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi bagaimana Analisis Proses Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PAI Materi Zakat Di Kelas VII SMPIT Widya Cendekia Kota Serang. Penelitian ini berjenis (field research), Field Research adalah jenis penelitian yang mempelajari fenomena dalam lingkungannya yang alamiah, serta berorientasi dengan mengumpulkan data secara empiris di lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah adalah reduksi data, penyajian data, penyimpulan data dan uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI materi zakat di kelas VII SMPIT Widya Cendekia Kota Serang langkah awal yang dilakukan guru yaitu merumuskan modul ajar berdiferensiasi adalah dengan melakukan assesment diagnostik non kognitif untuk mengetahui gaya belajar siswa. 2. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di kelas VII SMPIT Widya Cendekia Kota Serang mengadakan pembelajaran dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran dalam satu kali pertemuan. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dengan pemetaan siswa berdasarkan gaya belajar siswa. Siswa memahami materi berdasarkan gaya belajar masing-masing. 3. Evaluasi pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI materi zakat di kelas VII SMPIT Widya Cendekia Kota Serang yaitu assesment formatif berupa kuis, nilai diskusi, penilaian harian dan berupa tugas yang berkaitan dengan pembelajaran PAI. Kemudian assesment sumatif merupakan bentuk evaluasi yang dilaksanakan diakhir pembelajaran, seperti UH dan PAT.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, PAI |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 24 Jan 2025 03:17 |
Perubahan Terakhir: | 24 Jan 2025 03:19 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16182 |
Actions (login required)
Lihat Item |