Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Teknik Penilaian Kelas Pro And Con Grid Pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian Tindakan Kelas di SMAN 1 Kota Serang)

Hilmiyati, Fitri and Alawiah, Tuti and Kholilah, Ila (2024) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Teknik Penilaian Kelas Pro And Con Grid Pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian Tindakan Kelas di SMAN 1 Kota Serang). Tidak Dijelaskan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik penilaian kelas pro and con grid dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui teknik penilaian kelas pro and con grid pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart, yaitu dengan melakukan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tindakan perencanaan meliputi menyusun Modul Ajar, menyiapkan sumber belajar, lembar kerja peserta didik, dan instrumen evaluasi. Pada tindakan pelaksanaan, guru membagi 2 kelompok menjadi kelompok pro dan kontra, kemudian masing-masing kelompok diharuskan untuk berdiskusi dengan sesama teman kelompoknya, sehingga setiap kelompok dapat menyampaikan hasil diskusi serta menambahkan, menyampaikan, dan menyanggah pendapat kelompok lain. Tindakan observasi dilakukan selama proses diskusi berlangsung. Tindakan refleksi dilakukan oleh peneliti dan pendidik sebagai proses yang didasarkan pada pengamatan tindakan mereka. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya keberhasilan dan peningkatan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan peningkatan pada tiap siklusnya. Siklus I mendapat nilai rata-rata 41,86 dengan presentase ketuntasan sebesar 6,97% sedangkan siklus II mendapat nilai rata-rata 76,67 dengan presentase ketuntasan sebesar iv 65,11%. Dari hasil siklus tersebut maka dapat dilihat bahwa siswa yang awalnya pasif jadi aktif ketika pembelajarannya menggunakan teknik penilaian kelas pro and con grid. Maka dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran teknik penilaian kelas pro and con grid berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, karena mampu mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan

Tipe Item/Data: Monografi (Tidak Dijelaskan)
Kata Kunci (keywords): Penilaian Tindakan Kelas, Pro and Con Grid, Teknik Penilaia
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 21 Jan 2025 04:33
Perubahan Terakhir: 21 Jan 2025 04:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16141

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.