Setiawan, Ade (2018) Bimbingan Anak di Panti Asuhan (Studi di Panti Asuhan Maulana Hasanuddin Cilegon, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (FULL PAPER)
Ade Setiawan-133400275-Bimbingan Anak di Panti Asuhan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Panti asuhan merupakan lembaga atau organisasi yang mengatasi dan memelihara anak - anak yatim piatu maupun bagi yang tidak mampu yang mempunyai tujuan untuk menjadikan anak asuh memiliki kemampuan dalam bidang pendidikan dan keterampilan sebagai be kal bagi masa depan mereka. Di panti asuhan kesuksesan berada di tangan semua penghuni itu sendiri, terutama para pengurus dan para pengasuh yang mengelola panti tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini ada lah: 1) Bagaimana peran pengasuh dalam melakukan bimbingan agama kepada anak di Panti Asuhan Maulana Hasanuddin Cilegon ? 2) Bagaimana peran pengasuh dalam melakukan bimbingan belajar kepada anak di Panti Asuhan Maulana Hasanuddin Cilegon ? 3) Bagaimana pera n pengasuh dalam melakukan bimbingan life skill kepada anak di Panti Asuhan Maulana Hasanuddin Cilegon ? Penelitian ini bertuju a n untuk: 1) M engetahui peran pengasuh dalam melakukan bimbingan agama kepada anak di Panti Asuhan Maulana Hasanuddin Cilegon . 2) M engetahui peran pengasuh dalam melakukan bimbingan belajar kepada anak di Panti Asuhan Maulana Hasanuddin Cilegon . 3) M engetahui peran pengasuh dalam melakukan bimbingan life skill kepada anak di Panti Asuhan Maulana Hasanuddin Cilegon . Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumen, analisis data dan metode penulisan. Kesimpulan penelitian ini adalah pengasuh yang ada di Panti Asuhan Ma ulana Hasanuddin Cilegon adalah sebagai pe ng ganti fungsi orang tua kepada anak asuh dalam membantu memberikan pelayanan dan bimbingan kesejahteraan meliputi bimbingan fisik, bimbingan mental, bimbingan sosial dan bimbingan keterampilan dalam membentuk kema ndirian anak asuh ketika kelak keluar dari panti asuhan. Proses bimbingan agama yang dilakukan pengasuh untuk anak asuh ialah bimbingan membaca al - Quran dan bimbingan shalat, bimbingan agama yang dilaksanakan di panti tersebut sudah relatif berjalan lancar . Selain itu b imbingan belajar yang dilaksanakan di Panti Asuhan Maulana Hasanuddin Cilegon adalah menggunakan pendekatan secara individual dan kelompok kepada anak asuh, sehingga dengan adanya pendekatan yang dilakukan oleh pihak pengasuh ini dapat menimb ulkan rasa percaya diri kepada anak asuh dalam meningkatkan belajarnya, metode yang digunakan dalam bimbingan belajar ialah menggunakan metode diskusi, pedagogi dan andragogi. Serta media yang digunakan dalam bimbingan belajar ini ialah buku pelajaran dan alat tulis. Untuk b imbingan life skill sendiri yang dilaksanakan di Panti Asuhan Maulana Hasanuddin Cilegon adalah dengan mengadakan pelatihan mengelas untuk asuh anak, sehingga anak asuh ketika suatu saat keluar dari panti asuhan sudah memiliki bekal kete rampilan dalam melaksanakan kehidupan di luar panti dan masyarakat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2018 02:09 |
Perubahan Terakhir: | 03 Apr 2024 04:03 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1609 |
Actions (login required)
Lihat Item |