Menanamkan Nilai-Nilai Moral Agama pada Anak Usia Dini dengan Metode Bercerita Kisah Nabi-Nabi di RA Asshobiroh Kasemen Kota Serang

Ningrum, Nurul Dwi (2024) Menanamkan Nilai-Nilai Moral Agama pada Anak Usia Dini dengan Metode Bercerita Kisah Nabi-Nabi di RA Asshobiroh Kasemen Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_181260014_Cover.pdf

Download (111kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260014_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260014_Bab I.pdf

Download (299kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260014_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260014_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (423kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260014_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (125kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260014_Bab V.pdf

Download (48kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260014_Daftar Pustaka.pdf

Download (249kB)

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan Anak Usia Dini adalah layanan yang diberikan pada anak sedini mungkin sejak anak dilahirkan kedunia ini sampai lebih kurang anak berusia enam-delapan tahun. Pendidikan pada masa-masa ini merupakan sesuatu hal yang penting untuk mendapatkan perhatian dari semua pihak yang bertanggungjawab terhadap tumbuh kembang anak, terutama orangtua dan atau orang dewasa lainnya yang berada dekat dengan anak. Tujuan utama dari pembelajaran pada anak usia dini, yang dicirikan dengan prinsip belajar melalui bermain adalah seoptimal mungkin menumbuhkembangkan semua potensi yang dibawa anak sejak lahir. Proses pembelajaran pada anak usia dini seharusnya memiliki kebermaknaan melalui pengalaman nyata yang bermanfaat dalam kehidupannya sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif karena data yang dikumpulkan berupa dokumentasi gambar, kata-kata bukan dengan angka-angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah guru, peserta didik dan orang tua/wali murid. Teknik analisis data dalam penelitian ada beberapa tahapan diantaranya: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data kesimpulan adapun hasil penelitian ini temuan yaitu: Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita Kisah Nabi-Nabi di RA Asshobiroh Kasemen Kota Serang, sudah sesuai dengan yang diharapkan, dimana guru telah mampu memunculkan indikator dari pembelajaran nilai moral dan agama dengan baik. Hal ini menandakan bahwa materi yang disajikan oleh guru benar-benar dipahami dan dimengerti oleh anak Simpulannya yaitu kegiatan pembiasaan dilakukan dengan tujuan umtuk membentuk karakter anak menjadi pribadi yang lebih baik, karena masih ada beberapa anak yang memiliki sifat kurang baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Nilai moral, agama, anak usia dini, kisah nabi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Des 2024 09:05
Perubahan Terakhir: 20 Des 2024 09:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16080

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.