Pengembangan Media Name Bottle untuk Mengenalkan Keaksaraan pada Anak Usia 4-5 Tahun (Studi di RA Nurul Khoir Kec. Petir)

Haerunasihah, Siti (2024) Pengembangan Media Name Bottle untuk Mengenalkan Keaksaraan pada Anak Usia 4-5 Tahun (Studi di RA Nurul Khoir Kec. Petir). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_181260035_Cover.pdf

Download (202kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260035_Bab I.pdf

Download (201kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260035_Lampiran Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260035_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (229kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260035_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (161kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260035_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (193kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260035_Bab V.pdf

Download (63kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260035_Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan hasil implementasi media name bottle sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Khoir Kec. Petir Kab. Serang. Adapun latar belakang dari penelitian ini adalah kegiatan pelaksanaan pembelajaran di RA Nurul Khoir Kec. Petir Kab. Serang yang mengalami kendala yaitu kurangnya semangat anak dalam belajar mengenal keaksaraan dan media yang dipakai disekolahpun masih sederhana sehingga kurang menarik perhatian anak. Penggunaan media name bottle ini dapat meningkatkan rasa ketertarikan belajar dan meningkatkan penguasaan pengenalan keksaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan: osbservasi dan kuesioner/angket. Hasil penelitian dan pengembangan media name bottle untuk mengenalkan keaksaraan pada anak usia 4-5 tahun sudah dilakukan dengan tahapan-tahapan yang dilakukan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dengan hasil dari ahli materi dan ahli media didapat persentase 80,5 % dengan kategori layak untuk digunakan. Berdasarkan analisis beberapa teori menyatakan bahwa penggunaan media name bottle dalam proses belajar mengajar anak usia dini untuk pengenalan keaksaraan efektif digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan media, name bottle, pengenalan keaksaraan, anak usia 4-5 tahun
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Des 2024 08:43
Perubahan Terakhir: 20 Des 2024 08:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16078

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.