SYAROFAH, SITI (2017) PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU KARET MATA PELAJARAN PENJASKES. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (97kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (475kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (240kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II kajian pustaka ofah.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (225kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III Metodologi Penelitian.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (218kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V Penutup.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (155kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
ABSTRAK NAMA: SITI SYAROFAH, NIM: 122700452, Judul Skripsi: Peningkatan Pembelajaran Pembelajaran Lompat Tinggi dengan Menggunakan Alat Bantu Karet Mata Pelajaran Penjaskes (PTK di Kelas IV MI Mathla’ul Anwar Kademangan Kota Tangerang Selatan). Latar belakang penelitian ini adalah lemahnya kemampuan siswa MI Mathla’ulAnwar Kademangan pada proses lompat tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh minimnya sarana dan prasarana di MI Mathla’ul Anwar Kademangan, pelaksanaan pembelajaran banyak dilakukan di kelas. Berdasarkan larat belakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) bagaimana penerapan alatbantu karet bisa meningkatkan hasil pembelajaran lompat tinggi di kelas IV MI Mathla’ul Anwar Kademangan? 2) bagaimana peningkatan hasil pemeblajaran lompat tinggi dengan menggunakan alat bantu karet di kelas IV MI Mathla’ul Anwar Kademangan? Alat bantu karet dalam pembelajaran bisa mempermudah siswa mempelajarai materi karena lebih menarik dan tidak berbahaya dan membuat siswa merasa senang. Alat bantu karet juga sangat membantu guru untuk memperbarui proses pembelajaran dan membuat anak semakin percaya diri dan berani. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti memfokuskan pada siswa kelas IV MI Mathla’ul Anwar Kademangan. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari rencana, tindakan, observasi, praktik. Analisis data penelitian ini secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bentuk: 1) Penerapan alat bantu karet dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam lompat tinggi karena padatiaP siklus mengalami peningkatan. Membuat anak berani untuk melakukan loncatan karena karet bersifat lentur, Dan adanya media baru yang baru mereka lihat bisa dijadikan alat bantu dalam pembelajaran. 2) Nilai praktik siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Karena persentase ketuntasan dari prasiklus sampai kesiklus II mencapai 54,54%.Dengan nilai rata-rata prasiklus 48,48 dengan persentase ketuntasan 27,27%, siklus I nilai rata-rata 63,93dengan persentase ketuntasan 51,51%, siklus II nilai rata-rata mencapai 76,36 dengan nilai persentase ketuntasan 81,81%. Jadi dari iii prasiklus sampai kesiklus II pembelajaran lompat tinggi menggunakan alat bantu karet mengalami peningkatan sebesar 54,54%.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | PENJASKES; ALAT BANTU KARET; |
Subjek: | 700 Seni > 790 Olahraga, permainan & hiburan > 796 Athletic & outdoor olahraga & permainan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 14 Mar 2017 02:53 |
Perubahan Terakhir: | 14 Mar 2017 02:53 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/160 |
Actions (login required)
Lihat Item |