MAESYAROH, MAESYAROH (2018) APLIKASI APERSEPSI DAN PENGUASAAN MATERI AJAR PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (102kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (74kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (176kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II ok.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (678kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (239kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (19kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (168kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aplikasi Apersepsi dan Penguasaan Materi Ajar pada pembelajaran aqidah Akhlak dalam Peningkatan Prestasi Siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang mempunyai karakteristik b ahwa data dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya, dengan tidak merubah bentuk simbol atau angka. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang terk umpul kemudian di analisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan keterampilan membuka pelajaran dan apersepsi guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros, bahwa keterampilan membuka pela jaran guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros termasuk kategori “ Baik ” Guru terlihat dapat menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian siswa agar berpusat kepada apa yang akan dipelajari. apersepsi memiliki kaita n yang erat di dalam proses pembelajaran. Apersepsi harus dilakukan oleh guru ketika ingin mengajarkan materi.Dengan adanya apersepsi maka dapat memberikan dasar awal siswa untuk mempelajari materi yang baru, dengan demikian maka apersepsi dapat memberikan kemudahan siswa dalam belajar. kemampuan guru aqidah akhlak dalam pelaksanaan penciptaan kondisi belajar yang masih sangat konvensional. Penguatan dan pendahuluan atau kegiatan awal pembelajaran hanya berkutat pada pertanyaan - pertanyaan sehubungan dengan materi ajar yang lalu dengan menghubungkan dengan materi ajar yang akan sampaikan. Guru Aqidah Akhlak juga memberikan kesempatan pada siswa - siswi nya untuk mengingat kembali materi sebelumnya denga pertanyaan - pertanyaan yang bersipfat konsep saja. keberhas ilan pembelajaran guru bidang studi Aqidah Akhlak dikatakan berehasil terbukti dengan nilai - nilai yang didapat dari tes harian dan semester ganjil ini sangat memuaskan dengan arat - rata nilai: Kelas X.IIS.A: 75.18 ( untuk pengetahuan ) dan 75.18 (untuk Ketera mpilan), dengan penilaian sikap A (sangat Baik). Untuk Kelas X.IIS.B, nilai rata - rata ujian tengah semester: 73,5 ( untuk pengetahuan ) dan 73,5 (untuk Keterampilan), dengan penilaian sikap B (Baik). Sementara untuk nilai rata - rata ujian tengah semester kela s X.MIA: 76,4 ( untuk pengetahuan ) dan 76,4 (untuk Keterampilan), dengan penilaian sikap A (Sangat Baik).
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | aqidah akhlak |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2018 02:08 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2018 02:08 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1599 |
Actions (login required)
Lihat Item |