Imroatun, iim Penguatan Pengenalan Literasi Keagamaan Anak Usia Dini Melalui Metode Kreatif dan Interaktif di RA Al Wardah Kabupaten Pandeglang. Laporan Proyek. PIAUD Press. (Dalam Proses (In Press))
|
Teks
2023 imroatun_abdadkk_laporan pkm.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2023 imroatun_abdadkk_laporan pkm.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Literasi keagamaan pada anak usia dini memegang peranan krusial dalam pembentukan karakter dan identitas anak. Fase perkembangan ini dianggap sangat penting, mengingat fondasi- fondasi utama dalam kehidupan anak-anak dibangun pada periode ini. Dalam konteks ini, ketersediaan informasi dan teknologi di era modern menantang, dan anak-anak rentan terhadap distraksi dari nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pendekatan yang tepat dalam membangun dasar literasi keagamaan pada anak usia dini menjadi suatu keharusan. Penelitian ini menyoroti pentingnya Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema penguatan pengenalan literasi keagamaan anak usia dini melalui metode kreatif dan interaktif di RA Al Wardah Kabupaten Pandeglang. Anak-anak akan lebih terlibat dan antusias dalam memahami ajaran agama serta menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari melalui metode ini. Pendekatan kreatif melibatkan penggunaan cerita, permainan, dan kegiatan seni, sementara metode interaktif melibatkan diskusi, peran aktif anak, dan partisipasi dalam kegiatan kelompok. Penguatan literasi keagamaan pada anak usia dini melalui metode kreatif dan interaktif bertujuan untuk membantu mereka membangun landasan yang kuat dalam pemahaman dan penghargaan terhadap nilai-nilai agama. Upaya ini diharapkan dapat membentuk generasi muda yang bertanggung jawab, beretika, dan sensitif terhadap nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Kontribusi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter anak usia dini dan pengembangan masyarakat yang menghargai nilai-nilai keagamaan. Kata Kunci: literasi keagamaan; metode kreatif; metode interaktif; anak usia dini
Tipe Item/Data: | Monografi (Laporan Proyek) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | M.Ag Imroatun Iim |
Tanggal Disetorkan: | 20 Nov 2024 03:26 |
Perubahan Terakhir: | 20 Nov 2024 03:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15732 |
Actions (login required)
Lihat Item |