Komunikasi Antar Budaya dalam Tradisi Sedekah Bumi di Masyarakat Desa Surianeun Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang

Paturokhman, Mukhamad Deden (2024) Komunikasi Antar Budaya dalam Tradisi Sedekah Bumi di Masyarakat Desa Surianeun Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510100_Cover.pdf

Download (240kB)
[img] Teks
S_KPI_191510100_Lampiran Depan.pdf

Download (752kB)
[img] Teks
S_KPI_191510100_BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Teks
S_KPI_191510100_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (607kB)
[img] Teks
S_KPI_191510100_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (304kB)
[img] Teks
S_KPI_191510100_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (502kB)
[img] Teks
S_KPI_191510100_BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Teks
S_KPI_191510100_Daftar Pusatka.pdf

Download (535kB)

Abstrak

Kebudayaan dan adat istiadat di Jawa sangat beragam khususnya Provinsi Banten, masyarakat nya masih mempercayai mitos-mitos dan legenda leluhur hingga saat ini. Mitos dan legenda leluhur pada masyarakat Jawa sering kita temui dalam ritual atau kegiatan masyarakat setiap harinya baik dalam hal beribadah, pernikahan, kelahiran, kematian, pendirian rumah, bersih desa, panen raya, dan lain-lain. Salah satu kegiatan atau ritual yang masih ada sampai sekarang dan menjadi tradisi yang tidak boleh terlewat yaitu selamatan sedekah bumi. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah : 1). Bagaimana Proses Tradisi Sedekah Bumi Di Masyarakat Desa Surianeun Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang? 2). Bagaimana Praktik Komunikasi Antar Budaya Dalam Tradisi Sedekah Bumi Di Desa Surianeun Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang? Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimana proses Tradisi Sedekah Bumi Di Masyarakat Desa Surianeun Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang. 2). Untuk mengetahui bagaimana Praktik Komunikasi Antar Budaya Dalam Tradisi Sedekah Bumi Di Desa Surianeun Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif kualitatif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari objek penelitian yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 3 orang (laki-laki). Responden adalah salah satu para tokoh adat dan aparat pemerintah desa Surianeun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Proses tradisi sedekah bumi di Desa Surianeun memegang teguh norma Agama Islam sehingga pelaksanaan dari tradisi tersebut masih berlandaskan dengan syaria’at Agama Islam, adapun hal tersebut mengalami sedikit perubahan seiring berjalanya waktu dan paradigma masyarakat namun hal demikian tidak menghilangkan tradisi nenek moyang Desa Surianeun meskipun pada saat ini tradisi sedekah bumi atau biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan sebutan ruat bumi tetap dilaksanakan pada tanggal 10 Muharam bertempatan di Masjid Desa Surianeun yang lebih disebut tasyakuran dengan memanjatkan do’a.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komunikasi, Budaya, Sedekah Bumi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 23 Okt 2024 04:43
Perubahan Terakhir: 23 Okt 2024 04:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15545

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.