Strategi Komunikasi Remaja Masjid Islam Almakmur dalam Memakmurkan Masjid (Studi Kasus di Perum Bumi Asri, Kelurahan Kuta Bumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang)

Apriyansyah, Dimas Rahadian (2024) Strategi Komunikasi Remaja Masjid Islam Almakmur dalam Memakmurkan Masjid (Studi Kasus di Perum Bumi Asri, Kelurahan Kuta Bumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_171330016_Cover.pdf

Download (74kB)
[img] Teks
S_KPI_171330016_Lampiran Depan.pdf

Download (635kB)
[img] Teks
S_KPI_171330016_BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Teks
S_KPI_171330016_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (327kB)
[img] Teks
S_KPI_171330016_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (401kB)
[img] Teks
S_KPI_171330016_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (480kB)
[img] Teks
S_KPI_171330016_BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
S_KPI_171330016_Daftar Pustaka.pdf

Download (904kB)

Abstrak

Komunikasi sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan organisasi maupun bermasyarakat. Dalam berinteraksi tentunya sangat membutuhkan komunikasi. Fungsi komunikasi tidak hanya sebagai pertukaran informasi, tetapi juga untuk menyampaikan pendapat dan gagasan. Sehingga komunikasi dapat berlangsung secara efektif. Remaja masjid merupakan suatu perkumpulan pemuda yang melakukan aktivitas sosial dan ibadah di lingkungan masjid. Maka peran sosial keagamaannya sangat diperlukan dan muktlak keberadaannya untuk mengadakan pembinaan dan pengembangan dalam memakmurkan masjid. Perbedaan ide dan pendapat juga sering terjadi pada suatu organisasi, begitupun terjadi pada para remaja masjid islam dalam memakmurkan masjid. Maka dengan itu sangat diperlukan solusi dalam melakukan penyelesaian masalah. Namun, perbedaan yang tidak dapat terkendalikan biasanya dapat menyebabkan suatu perpecahan dalam organisasi tersebut Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi komunikasi remaja masjid islam Almakmur dalam memakmurkan masjid? 2)Apa faktor pendukung dan penghambat remaja islam masjid Almakmur dalam memakmurkan masjid? Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui strategi komunikasi remaja masjid islam Almakmur dalam memakmurkan masjid 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat remaja islam masjid Almakmur dalam memakmurkan masjid. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif – tindakan yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari permasalahan dengan menggunakan eksplorasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Strategi komunikasi yang dilakukan para remaja masjid islam Almakmur dalam memakmurkan masjid yaitu dengan cara berdiskusi dan mengadakan rapat rutin. Kegiatan rapat ini berlangsung sebulan sekali dan telah berjalan dengan baik. Rapat rutin ini tidak hanya membahas masjid, tetapi juga membahas masalah yang terjadi di masjid dan cara menyelesaikannya secara bersamaan. Selain itu diskusi juga rutin dilaksanakan untuk membahas program kerja remaja masjid serta beberapa kegiatan lainnya. Faktor pendukung remaja masjid islam Almakmur dalam memakmurkan masjid dipengaruhi oleh komunikasi yang baik antara pengurus dan kekompakan remaja dan komunitas di dalam masjid. untuk memilih arahan yang mudah diikuti. Sedangkan faktor penghambat remaja masjid islam Almakmur dalam memakmurkan masjid yaitu dalam hal waktu dan kesibukan jamaah, serta sifat dan sikap unik yang dimiliki setiap orang baik sikap tidak peduli, tidak mau menerima saran, dan memiliki rasa tanggung jawab adalah faktor yang memengaruhi kemakmuran masjid dari masjid Almakmur.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi komunikasi, Remaja masjid, Memakmurkan masjid
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 23 Okt 2024 03:22
Perubahan Terakhir: 23 Okt 2024 03:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15543

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.