Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Mitigasi Bencana Sebahai Upaya Pembentukan Karakter Siap Siaga Siswa: Studi Pada SMKN 3 Dan SMAN 9 Kabupaten Pandeglang

Nurhayati, Ulmah and Muhajir, Muhajir (Promotor II) (2022) Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Mitigasi Bencana Sebahai Upaya Pembentukan Karakter Siap Siaga Siswa: Studi Pada SMKN 3 Dan SMAN 9 Kabupaten Pandeglang. Tidak Dijelaskan thesis, Tidak Dijelaskan.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Mitigasi Bencana Sebahai Upaya Pembentukan Karakter ........pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Upaya mitigasi bencana dapat dilakukan melalui jalur pendidikan. Wawasan mitigasi bencana diperlukan masyarakat kabupaten Pandeglang, namun sosialisasi terkait mitigasi bencana masih sangat minim, dan pembelajaran mitigasi bencana belum masuk pada sektor pendidikan. Masyarakat dan lembaga pendidikan memiliki kekhawatiran terkait kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: bagaimana pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam berbasis mitigasi bencana, strategi pembelajaran, upaya pembentukan karakter siap siaga siswa, dan implementasi bahan ajar Pendidikan agama Islam berbasis mitigasi bencana pada siswa SMKN 3 dan SMAN 9 kabupaten Pandeglang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah Research and Development (R&D), yaitu penelitian pengembangan dari data pustaka dan lapangan dan merupakan studi kasus untuk menghasilkan produk berupa modul ajar. Teknik pengumpulan data dan analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif yaitu melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi yang diperoleh dari responden dan informan yang terpercaya dalam topik terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan modul ajar, strategi pembelajaran, upaya pembentukan karakter siap siaga, dan implementasi bahan ajar pendidikan agama Islam berbasis mitigasi bencana dapat menambah pemahaman mitigasi bencana dan memunculkan kesadaran masyarakat khususnya peserta didik dalam kesiapsiagaan bencana. Dengan model pembelajaran problem based learning dan cooperative learning peserta didik mendapatkan pemahaman yang cukup siswa akan lebih cepat memahami, materi lebih lama diingat dan tidak mudah lupa, sehingga karakter kesiap siagaan siswa terhadap bencana dapat dibentuk. Modul ajar pendidikan agama Islam berbasis mitigasi bencana dikembangkan dengan mengintegrasikan wawasan mitigasi bencana ke dalam cakupan materi pendidikan agama Islam yang relevan dan berpatokan pada kurikulum merdeka, bertujuan untuk memudahkan pembelajaran mitigasi bencana, memberikan pelatihan, dan membentuk karakter siap siaga siswa dengan pembiasaan yang dilakukan didalam proses pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Tidak Dijelaskan)
Informasi Tambahan: Promotor II : Dr.H.Muahajir,MA
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 22 Okt 2024 07:17
Perubahan Terakhir: 22 Okt 2024 07:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15537

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.