Masfu’ah, Utami Syifa (2024) Pengaruh Kegiatan Iman dan Taqwa (IMTAQ) terhadap Moralitas Peserta Didik SMP Negeri 02 Cilegon (Studi Kasus Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 02 Cilegon Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210088_Cover.pdf Download (252kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210088_Lampiran Depan.pdf Download (676kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210088_BAB I.pdf Download (330kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_201210088_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (648kB) |
||
Teks
S_PAI_201210088_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (458kB) |
||
Teks
S_PAI_201210088_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (635kB) |
||
|
Teks
S_PAI_201210088_BAB V.pdf Download (142kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210088_Daftar Pustaka.pdf Download (231kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang masalah penelitian ini ialah rendahnya moralitas peserta didik untuk menaati peraturan sekolah dan sikap peserta didik yang kurang menghormati keberadaan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan Imtaq terhadap moralitas peserta didik kelas IX di SMP Negeri 02 Cilegon. Seperti halnya masih banyaknya peserta didik yang memanggil sebutan nama hewan yang haram kepada sesama temannya di hadapan guru, tidak mengikuti kegiatan Imtaq dengan alasan yang berbohong bahkan mayoritas peserta didik tidak menyimak dengan seksama kegiatan Imtaq. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas IX SMP Negeri 02 Cilegon yang berjumlah 320 peserta didik. Adapun sampel penelitian yaitu 31% dari jumlah populasi ialah 99,2 yang dibulatkan menjadi 100 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa angket. Dan teknik analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan Imtaq terhadap moralitas peserta didik kelas IX SMP Negeri 02 Cilegon. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis korelasi menggunakan Product Moment (rᵪᵧ) sebesar 0,87 dalam hal ini menunjukkan adanya tingkat hubungan yang sangat kuat. Adapun hasil nilai signifikansi 0.014 < 0.05. Sedangkan nilai determinasi kontribusi kegiatan Imtaq (X) terhadap moralitas peserta didik (Y) sebesar 75,69%, dan sisanya 24,31% ditentukan oleh variabel lain.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Imtaq, Moralitas, Peserta Didik |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 14 Okt 2024 02:28 |
Perubahan Terakhir: | 14 Okt 2024 02:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15473 |
Actions (login required)
Lihat Item |