Analisis Akurasi Kalibrasi Arah Kiblat Masjid Dengan Menggunakan Metode Rashdul Kiblat Harian (Studi Kasus di Kecamatan Cilegon Kota Cilegon).

Almaidatussalwa, Almaidatussalwa (2024) Analisis Akurasi Kalibrasi Arah Kiblat Masjid Dengan Menggunakan Metode Rashdul Kiblat Harian (Studi Kasus di Kecamatan Cilegon Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_201110020_COVER.pdf

Download (65kB)
[img] Teks
S_HKI_201110020_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (673kB)
[img] Teks
S_HKI_201110020_BAB I.pdf

Download (690kB)
[img] Teks
S_HKI_201110020_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (745kB)
[img] Teks
S_HKI_201110020_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (277kB)
[img] Teks
S_HKI_201110020_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (651kB)
[img] Teks
S_HKI_201110020_BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Teks
S_HKI_201110020_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)

Abstrak

Skripsi ini membahas terkait persoalan arah kiblat. Arah kiblat tidak lain ialah arah dimana seluruh umat muslim menghadapkan dirinya kearah tersebut sebagai salah satu syarat sahnya dalam menjalankan ibadah shalat. Kiblat berada di Makkah yang berbentuk kubus (Kakbah). Arah menuju Kakbah ini dapat ditentukan dari tempat manapun yaitu dengan melakukan perhitungan dan pengukuran. Oleh karena itu menghitung arah kiblat itu pada dasarnya perhitungan untuk mengetahui kearah mana Kakbah di Makkah dilihat dari suatu tempat. Maka dari itu pada penelitian ini membahas dan menguji terkait akurasi kalibrasi arah kiblat masjid-masjid dengan menggunakan metode Rashdul Kiblat Harian di Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon. Perumusan masalah pada skripsi ini adalah: 1.) Bagaimana awal penentuan arah kiblat masjid-masjid di Kecamatan Cilegon Kota Cilegon? 2.) Bagaimana tingkat akurasi arah kiblat masjid-masjid dengan menggunakan metode Rashdul Kiblat Harian di Kecamatan Cilegon Kota Cilegon? Tujuan pada penelitian ini adalah: 1.) Untuk mengetahui awal penentuan arah kiblat masjid-masjid di Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon. 2.) Untuk mengetahui tingkat akurasi arah kiblat masjid-masjid dengan menggunakan metode Rashdul Kiblat Harian di Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang di kombinasikan dengan penelitian Pustaka yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer berupa wawancara, observasi dan sumber data sekunder dari data kepustakaan. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu: 1.) Metode awal penentuan arah kiblat masjid yang digunakan masyarakat pada setiap masjid di Kecamatan Cilegon diantaranya 5 masjid menggunakan kompas dan 5 masjid lainnya hanya menggunakan perkiraan arah kiblat pada bangunan masjid terdahulu sebelum dilakukannya renovasi dan Sebagian hanya mengikuti bangunan masjid lainnya. 2.) Hasil tingkat akurasi arah kiblat masjid dengan menggunakan metode Rashdul Kiblat Harian di Kecamatan Cilegon yaitu, masjid yang memiliki tingkat akurasi paling tinggi ialah Masjid Jami’ Nurul Ikhlas dan Masjid An-Najjah yaitu dengan kemelencengan sebesar 1º, sedangkan masjid yang memiliki kemelencengan paling besar adalah Masjid Jami’ Al-Azis dan Masjid Jami’ At-Taqwa dengan memiliki kemelencengan sebesar 12º.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisis Akurasi, Arah Kiblat, Metode Rashdul Kiblat Harian.
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 09 Okt 2024 07:14
Perubahan Terakhir: 09 Okt 2024 07:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15459

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.