Analisis Kalibrasi Arah Kiblat Pada Masjid-Masjid (Studi Kasus Kecamatan Jombang Kota Cilegon)

Putri, Kasih Ameliya (2024) Analisis Kalibrasi Arah Kiblat Pada Masjid-Masjid (Studi Kasus Kecamatan Jombang Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_201110072_COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Teks
S_HKI_201110072_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (791kB)
[img] Teks
S_HKI_201110072_BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Teks
S_HKI_201110072_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (862kB)
[img] Teks
S_HKI_201110072_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (314kB)
[img] Teks
S_HKI_201110072_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (620kB)
[img] Teks
S_HKI_201110072_BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Teks
S_HKI_201110072_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)

Abstrak

Arah kiblat yang akurat adalah syarat sahnya shalat bagi setiap umat Islam, sesuai dengan ajaran Al-Quran dan Hadis, kecuali jika tidak sanggup melakukannya, seperti ketika ketakutan dalam peperangan yang sedang berlangsung atau ketika shalat dalam perjalanan yang dikerjakan di sebuah transportasi. Jika ia mengetahui arah kiblat/jihatul kiblat, maka ia tidak boleh bertanya kepada siapapun. Dan bagi orang yang buta dan ia mampu menyentuh tembok masjid untuk mengetahui arah kiblat, maka ia tidak boleh bertanya. Seseorang diperbolehkan bertanya kepada orang yang dipercaya dan mengetahui arah kiblat, baik kompas, kutub, mihrab (baik yang kuno maupun yang kebanyakan di pakai orang shalat) namun jika mihrab yang terdapat di mushala tersebut kecil yang hanya dipakai sebagian orang saja. Seseorang dapat melakukan ijtihad apabila tidak ada orang yang dapat dipercaya untuk ditanya atau ataupun menggunakan alat-alat yang dipakai untuk dijadikan pedoman dalam menentukaan arah kiblat.Perumusan masalahnya adalah: Bagaimana Penentuan Arah Kiblat pada Masjid-Masjid di Kecamatan Jombang Kota Cilegon dengan menggunakan Rashidul Kiblat Harian? Bagaimana Akurasi Arah Kiblat pada Masjid-Masjid di Kecamatan Jombang Kota Cilegon dengan menggunakan Rashidul Kiblat Harian? Tujuan penelitian ini adalah: untuk menganalisis ataupun memverifikasi ulang arah kiblat pada 10 masjid di Kecamatan Jombang Kota Cilegon menggunakan metode rashdul kiblat harian. penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa masjid mengalami kemelencengan signifikan dari arah Ka'bah yang seharusnya. Metode penelitian ini adalah: penelitian lapangan atau field research yang merupakan sebuah metode kualitatif dengan cara menempatkan penelitian ini berperan aktif di lokasi atau tempat penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan data primer (observasi, wawancara) dan data sekunder (buku, kitab, Al-Quran-Hadist, artikel, skripsi, tesis maupun laporan hasil penelitian yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penentuan arah kiblat di 10 masjid-masjid Kecamatan Jombang Kota Cilegon dengan menggunakan metode rashdul kiblat harian ini ialah terdapat tujuh masjid dengan rashdul kiblat pada pukul di bawah jam 12.00 WIB dan tiga masjid sisanya pada pukul di atas 12.00 WIB, dan kkurasi Arah Kiblat pada Masjid-Masjid di Kecamatan Jombang Kota Cilegon dengan menggunakan Rashdul Kiblat Harian ialah terdapat tiga masjid dengan kemelencengan di atas 10 derajat yaitu Masjid Besar Baitul Ishlah, Masjid At Taqwa, Masjid Hidayatul Umam serta tujuh sisanya memiiki kemelencengan dibawah 10 derajat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): arah kiblat, rashdul kiblat harian, masjid, akurasi, Cilegon.
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.1 Ibadah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 09 Okt 2024 03:09
Perubahan Terakhir: 09 Okt 2024 03:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15450

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.