Dampak Perceraian Orangtua Terhadap Psikologis Dan Moralitas Anak Remaja Dalam Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah (Studi Kasus Di Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang)

Fauzan, Abdan (2024) Dampak Perceraian Orangtua Terhadap Psikologis Dan Moralitas Anak Remaja Dalam Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah (Studi Kasus Di Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110089_COVER.pdf

Download (182kB)
[img] Teks
S_HKI_191110089_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (807kB)
[img] Teks
S_HKI_191110089_BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Teks
S_HKI_191110089_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (249kB)
[img] Teks
S_HKI_191110089_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (101kB)
[img] Teks
S_HKI_191110089_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (201kB)
[img] Teks
S_HKI_191110089_BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Teks
S_HKI_191110089_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)

Abstrak

Dampak perceraian merupakan suatu akibat dari berakhirnya hubungan sebuah keluarga. Berakhirnya (perceraian) yang terjadi pada sebuah keluarga diakibatkan berbagai macam persoalan atau konflik. Sehingga dampak perceraian tersebut mengakibatkan gangguan secara psikologis dan moralitas anak yang ditinggal cerai oleh salah satu orang tuanya. Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian adalah: Apa Faktor-faktor Yang Melatarbelakangi Terjadinya Perceraian di Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang, Bagaimana Dampak Perceraian Orangtua Terhadap Psikologis dan Moralitas Anak Remaja di wilayah Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang, Bagaimana Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah Dalam Mencegah Terjadinya Perceraian di Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apa Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Terjadinya Perceraian di Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang, untuk mengetahui Bagaimana Dampak Perceraian Orangtua Terhadap Psikologis dan Moralitas Anak Remaja di wilayah Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang, dan untuk mengetahui Bagaimana Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah Dalam Mencegah Terjadinya Perceraian di Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bersifat pendekatan kualitatif jenis lapangan (Field Research), karena sumber-sumber data yang diperlukan untuk menyusun skripsi ini ada beberapa orang informan yang memberi informasi langsung melalui wawancara, selanjutnya dari data hasil penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Deskriptif adalah metode penyajian data secara sistematis sehingga dapat dengan mudah dipahami dan disimpulkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa dampak dari perceraian orang tua, menimbulkan beberapa akibat yang berdampak pada aspek psikologis dan moralitas anak remaja yaitu perubahan sikap, tanggung jawab, etika dan budi pekkerti serta perubahan stabilitas emosional. Sehingga dalam meminimalisir perceraian yang terjadi yang dapat menimbulkan akibat-akibat yang berdampak pada kesehatan mental anak dari aspek psikologis dan moralitas, maka Kecamatan Sukamulya yang bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) mengupayakan pembentukan keluarga sakinah dengan tujuan agar dapat meminimalisir perceraian yang terjadi di Kecamatan Sukamulya. Upaya-upaya tersebut adalah : 1. Program pembinaan pra nikah. antara lain, (a). Pembinaan individu, dan (b). Pembinaan kelompok. 2. Program pembinaan keluarga sakinah. Antara lain, (a). Bimbingan calon pengantin atau BIMCATIN, dan (b). Penyuluhan rutin.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dampak, Perceraian, psikologis dan moralitas.
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.302 Bimbingan perkawinan
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 08 Okt 2024 04:06
Perubahan Terakhir: 08 Okt 2024 04:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15446

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.