Tradisi Merawat dan Meruwat Kuburan di Kecamatan Curugbitung (Studi Living Hadis)

Afifah, Nevi Nurrul (2024) Tradisi Merawat dan Meruwat Kuburan di Kecamatan Curugbitung (Studi Living Hadis). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IH_201370048_Cover.pdf

Download (175kB)
[img] Teks
S_IH_201370048_Lampiran Depan.pdf

Download (964kB)
[img] Teks
S_IH_201370048_Bab I.pdf

Download (670kB)
[img] Teks
S_IH_201370048_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (760kB)
[img] Teks
S_IH_201370048_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_IH_201370048_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (419kB)
[img] Teks
S_IH_201370048_Bab V.pdf

Download (163kB)
[img] Teks
S_IH_201370048_Daftar Pustaka.pdf

Download (265kB)

Abstrak

Tradisi merawat dan meruwat kuburan merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Curugbitung sebagai bukti bakti mereka kepada orang yang sudah meninggal, mereka beranggapan bahwa berbakti kepada keluarga atau saudara bukan disaat mereka hidup saja, tetapi ketika mereka meninggal juga. Terdapat tiga permasalahan yang penulis kaji: 1) Apa hadis-hadis terkait merawat dan meruwat kuburan? 2) Bagaimana saja praktik merawat dan meruwat kuburan dilingkungan masyarakat Curugbitung? 3) Bagaimana resepsi masyarakat Curugbitung terhadap hadis-hadis merawat dan meruwat kuburan dalam tradisi mereka? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui hadis-hadis yang terkait merawat dan meruwat kuburan, 2) Mengetahui praktik merawat dan meruwat kuburan dilingkungan masyarakat Curugbitung, 3) Mengetahui resepsi masyarakat Curugbitung terhadap hadis hadis merawat dan meruwat kuburan dalam tradisi mereka. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan living hadis. Objek penelitian untuk menggali informasi terkait tradisi merawat dan meruwat kuburan di kecamatan Curugbitung. Adapun metode yang digunakan yakni metode deskriptif-analisis dengan menggunakan pendekatan folklor dan rites of passage. Metode ini dirasa tepat untuk mendapatkan data dilapangan secara kualitatif. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian yang dilakukan, bahwa ada beberapa hadis yang berkaitan dengan tradisi merawat dan meruwat kuburan yang tercantum dalam al-Kutub as-Sittah, kecamatan Curugbitung dalam melaksanakan tradisi merawat dan meruwat kuburan melakukan berbagai praktik di antaranya nyekar, sar-kosar, pemakaian batu nisan dan meninggikan kuburan, menaburkan bunga dan menyiram air di kuburan, pemakaian kelambu, serta ngaji tilam. Dalam tradisi ini sering kali disinggung dengan hadis-hadis berupa perintah atau larangan, namun hal ini tidak merusak tatanan akidah pada masyarakat Curugbitung dengan berpedoman pada ijma’ para ulama serta menjadi sebuah bentuk keyakinan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Living Hadis, Merawat dan Meruwat Kuburan, Tradisi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 390 Bea Cukai, etiket & cerita rakyat > 393 Death customs
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 07 Okt 2024 08:43
Perubahan Terakhir: 07 Okt 2024 08:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15430

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.