Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Diskon Jual Beli Di Akun Shope Suede Shoes

Mutmainah, Iin (2024) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Diskon Jual Beli Di Akun Shope Suede Shoes. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_171130170_COVER.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_HES_171130170_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (925kB)
[img] Teks
S_HES_171130170_BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Teks
S_HES_171130170_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (576kB)
[img] Teks
S_HES_171130170_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (858kB)
[img] Teks
S_HES_171130170_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (790kB)
[img] Teks
S_HES_171130170_BAB V.pdf

Download (17kB)
[img] Teks
S_HES_171130170_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (667kB)

Abstrak

Transaksi jual beli merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap orang secara continue. Dahulu jual beli hanya dapat dilakukan dengan cara kedua belah pihak berada dalam satu majlis namun dengan berkembangnya teknologi transaksi jual beli dapat dilakukan melalui internet atau disebut dengan jual beli online sistem jual beli online sudah mulai menjadi transaksi yang banyak diminati oleh masyarakat. Akan tetapi dalam jual beli online terdapat sisi kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu mempermudah masyarakat dalam melakukan jual beli tanpa harus datang ke tempat perbelanjaan. Dan kekurangannya yaitu terkadang barang yang datang tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana akad diskon yang diterapkan akun shopee Suede Shoes dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad diskon yang dilakukan oleh akun shopee Suede Shoes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana akad diskon yang diterapkan akun shopee Suede Shoes dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad diskon yang dilakukan oleh akun shopee Suede Shoes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang diperoleh dari penjual dan data sekunder seperti jurnal, artikel, buku-buku, dan bahan yang lain terkait penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa harga yang dinaikkan sebelum diberlakukannya diskon adalah termasuk kedalam jual beli yang mengandung unsur penipuan didalamnya. Sudah jelas harga yang dipotong adalah harga yang tak pernah ada dan pemotongan harga yang dilakukan hanya untuk menarik minat konsumen. Jual beli yang mengandung unsur penipuan itu adalah termasuk kedalam jual beli tadlis dan najasy yaitu transaksi yang mengandung suatu hal yang tidak diketahui oleh salah satu pihak sehingga ada kemungkinan terjadi penipuan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Diskon, Jual beli online
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 07 Okt 2024 04:32
Perubahan Terakhir: 07 Okt 2024 04:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15417

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.