Implikasi Kajian Kitab Uqud Al-Lujjain Karya Syekh Nawawi Terhadap Sikap Perilaku Istri Kepada Suami (Studi Kelompok Ibu-ibu Pengajian Majelis Taklim Da’arul Asy-ariyah Kampung Kejaban Desa Kepandean Kecamatan Ciruas)

Basya, Syifa Elrahmah (2024) Implikasi Kajian Kitab Uqud Al-Lujjain Karya Syekh Nawawi Terhadap Sikap Perilaku Istri Kepada Suami (Studi Kelompok Ibu-ibu Pengajian Majelis Taklim Da’arul Asy-ariyah Kampung Kejaban Desa Kepandean Kecamatan Ciruas). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_171110074_COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Teks
S_HKI_171110074_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (629kB)
[img] Teks
S_HKI_171110074_BAB I.pdf

Download (518kB)
[img] Teks
S_HKI_171110074_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (477kB)
[img] Teks
S_HKI_171110074_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (244kB)
[img] Teks
S_HKI_171110074_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (614kB)
[img] Teks
S_HKI_171110074_BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Teks
S_HKI_171110074_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstrak

Pernikahan merupakan akad nikah yang merujuk pada hubungan suami istri yang memiliki ikatan kuat untuk membangun keluarga yang sakinah mawaddah warahmah, memiliki sifat saling mengenal sacara pribadi, karakteristik kasih sayang dan bertanggung jawab, namun dalam kehidupan nyatanya, seringkali ditemukan permasalahan dalam rumah tangga yang dapat menimbulkan perubahan sikap dari yang seharusnya diamalkan seperti pada kelompok ibu-ibu pengajian majelis taklim yang memiliki permasalahan dalam rumah tangga yang menyebabkan perilakunya terhadap suami belum sesuai secara tuntunan agama. Perumusan masalahnya adalah: Apa materi kitab Uqud Al-Lujjain karya Syekh Nawawi tentang perilaku istri kepada suami? Bagaimana perubahan sikap seorang istri kepada suami dalam rumah tangga antara sebelum dan sesudah menerima kajian kitab Uqud Al-Lujjain di kelompok pengajian ibu-ibu pengajian Majelis taklim Da’arul Asy-ariyah?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apa materi yang terdapat dalam kitab Uqud Al-Lujjain karya Syekh Nawawi tentang perilaku istri kepada suami. Untuk mengetahui apakah ada perubahan sikap yang terjadi oleh istri kepada suami dalam rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan empiris sosiologis. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah kajian kitab Uqud Al-lujjain memberikan dampak positif yang sangat besar bagi kelompok ibu-ibu pengajian majelis taklim Da’arul Asy-ariyah dan memberikan perubahan pada sikap perilaku istri kepada suami seperti taat dan patuh kepada suami apa saja selain maksiat, membelanjakan harta suami dengan izin suami, diam ketika suami berbicara, tidak berani menentang, menjemput kedatangan suami sewaktu keluar rumah, menampakkan cintanya kepada suami apabila suami mendekatinya, menyenangkan suami ketika akan tidur, mengenakan harum-harum, berhias untuk suaminya, tidak boleh berhias ketika ditinggal suami serta membuat kehidupan rumah tangganya menjadi sakinah mawadah warahmah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): -
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.302 Bimbingan perkawinan
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 07 Okt 2024 03:59
Perubahan Terakhir: 07 Okt 2024 03:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15414

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.