Analisis Pengelolaan Dana dan Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten

Nurlaila, Nurlaila (2024) Analisis Pengelolaan Dana dan Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_201410176_Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Teks
S_ES_201410176_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_ES_201410176_BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Teks
S_ES_201410176_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (599kB)
[img] Teks
S_ES_201410176_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (610kB)
[img] Teks
S_ES_201410176_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (571kB)
[img] Teks
S_ES_201410176_BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Teks
S_ES_201410176_Daftar Pustaka.pdf

Download (355kB)

Abstrak

Pada tahun 2010, pemerintah melalui Ditjen Pendidikan Tinggi memberikan beasiswa yang dikenal dengan nama beasiswa “Bidikmisi”. Dengan tujuan untuk mempermudah akses pendidikan tinggi bagi mahasiswa yang berprestasi namun memiliki keadaan ekonomi yang kurang mampu. Sehingga penerimaan dana beasiswa bidikmisi ini haruslah dapat dialokasikan dengan baik dan tepat oleh mahasiswa bidikmisi agar terhindar dari gaya hidup konsumtif. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan dana dengan gaya hidup konsumtif mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten?. 2) Seberapa besar hubungan antara pengelolaan dana dengan gaya hidup konsumtif mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten?. 3) Bagaimana pengelolaan dana mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten?. 4) Bagaimana gaya hidup konsumtif mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan dana dengan gaya hidup konsumtif mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten. 2) Untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pengelolaan dana dengan gaya hidup konsumtif mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten. 3) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten. 4) Untuk mengetahui bagaimana gaya hidup konsumtif mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten angkatan tahun 2020-2022 melalui penyebaran kuisioner/angket. Adapun penelitian ini terfokus pada dua variabel, yaitu variabel pengelolaan dana dan variabel gaya hidup konsumtif mahasiswa bidikmisi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengelolaan dana dan gaya hidup konsumtif mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi antara pengelolaan dana dan gaya hidup konsumtif mahasiswa sebesar 0,273. Sedangkan uji signifikansi didapatkan nilai thitung sebesar (2,662) > ttabel (1,987). Variabel pengelolaan dana berkontribusi terhadap gaya hidup konsumtif sebesar 7,5%. Selain itu rata-rata pengelolaan dana dan gaya hidup konsumtif mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten dalam kategori sedang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Beasiswa Bidikmisi, Pengelolaan dana, Gaya Hidup Konsumtif
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Okt 2024 07:34
Perubahan Terakhir: 02 Okt 2024 07:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15373

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.