Tinjauan Hukum Islma terhadap Jual Beli Sisa Panen Padi (Studi Kasus pada Petani di Desa Ciakar, Kecamatan Munjul)

Lestari, Meika Fuji (2024) Tinjauan Hukum Islma terhadap Jual Beli Sisa Panen Padi (Studi Kasus pada Petani di Desa Ciakar, Kecamatan Munjul). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_201130204_Cover.pdf

Download (313kB)
[img] Teks
S_HES_201130204_Lampiran Depan.pdf

Download (942kB)
[img] Teks
S_HES_201130204_BAB I.pdf

Download (554kB)
[img] Teks
S_HES_201130204_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (913kB)
[img] Teks
S_HES_201130204_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (345kB)
[img] Teks
S_HES_201130204_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (642kB)
[img] Teks
S_HES_201130204_BAB V.pdf

Download (305kB)
[img] Teks
S_HES_201130204_Daftar Pustaka.pdf

Download (595kB)

Abstrak

Jual beli merupakan aktifitas yang dihalalkan Allah SWT. Setiap muslim di perkenankan melakukan aktivitas jual beli. Agama Islam sangat memperhatikan unsur-unsur dalam transaksi jual beli. Seorang konsumen harus selalu berhati-hati untuk melakukan segala transaksi perdagangan, pertanian merupakan sumber perekonomian yang cukup luas jangkauanya dan hampir seluruh masyarakat mengkonsumsi hasilnya. Namun bagaimana jadinya jika yang di perjual belikan yaitu sisa panen padi sehingga menyebabkan munculnya unsur ketidak jelasan (gharar) dalam jual beli sisa panen padi tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan permasalahan yang diambil oleh penulis sebagai berikut : 1. Bagaimana Praktik Jual Beli Sisa Panen Padi di Desa Ciakar Kecamatan Munjul? 2. Bagaiman Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Sisa Panen Padi di Desa Ciakar Kecamatan Munjul? Metode Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (fied research) yaitu meneliti terhadap sesuatu objek yang ingin diteliti guna mendaptakan data yang jelas, benar dan terpercaya tentang tinjauan hukum Islam terhadap jual beli sisa panen padi. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara terhadap petani pemilik sawah, tokoh masyarakat dan buruh tani, dokumentasi, pengelolaam data, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Praktik jual beli sisa panen padi di Desa Ciakar Kecamatan Munjul, sebelumnya praktik pengmabilan sisa panen padi dilakukan pada satu bulan setelah masa panen selesai, perizinan pengambilaan sisa panen padi ditandai dengan tidak adanya bendera/atribut lain pada sawah, Adapun jual belinya dilakukan saat padi sudah menjadi beras, diperjualbelikan kepada warung, pedagang bubur dan tempat makan lainya. Transaksinya dilakukan dengan jelas dan memebritahu jenis berasnya.dan hasil dari penjualan sisa panen padi untuk kebutuhan sehari-hari. 2. Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli sisa panen padi di Desa Ciakar Kecamatan Munjul yaitu diperbolehkan karena tidak ada rukun dan syarat jual beli dalam islam yang dilanggar, dan dalam pengambilan sisa panen padi tidak ada maksud lain (kejahatan) dan jelas hanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Jual Beli, Gharar, „Urf
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Sep 2024 02:22
Perubahan Terakhir: 30 Sep 2024 02:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15346

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.