Perjuangan Husein Mutahar Pada Masa Orde Lama Tahun 1946-1965

Anggraeni, Dewi (2024) Perjuangan Husein Mutahar Pada Masa Orde Lama Tahun 1946-1965. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_SPI_191350070_COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Teks
S_SPI_191350070_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (665kB)
[img] Teks
S_SPI_191350070_BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Teks
S_SPI_191350070_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (381kB)
[img] Teks
S_SPI_191350070_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (285kB)
[img] Teks
S_SPI_191350070_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (529kB)
[img] Teks
S_SPI_191350070_BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Teks
S_SPI_191350070_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)

Abstrak

Masa perkembangan Bangsa Indonesia tidak terlepas dari gejolak perebutan kembali kekuasaan oleh Belanda, juga berbagai faktor internal lainnya yang sangat penting untuk diatasi. Pada masa Orde Lama, banyak sekali para tokoh pahlawan nasional yang berjuang dan mempertahankan Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang belum diketahui perannya, salah satunya adalah Husein Mutahar. Sejak muda Husein Mutahar telah berperan aktif di Kepanduan, berjuang menyelamatkan Bangsa Indonesia dari para penjajah, dan ikut andil dalam mengembangkan Bangsa Indonesia. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana riwayat hidup Husein Mutahar? (2) Bagaimana kondisi Bangsa Indonesia pada masa Orde Lama? (3) Bagaimana kiprah Husein Mutahar pada masa Orde Lama?. Adapun tujuan penelitian ini adalah terwujudnya deskripsi yang dapat memberikan penjelasan tentang: (1) Riwayat hidup Husein Mutahar, (2) Kondisi Bangsa Indonesia pada masa Orde Lama, (3) Kiprah Husein Mutahar pada masa Orde Lama. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah meliputi: tahapan pemilihan topik penelitian, heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: silsilah Husein Mutahar dari jalur nenek buyutnya merupakan keturunan Kiyai Bustam, dari jalur ayahnya Salim, Husein Mutahar merupakan keturunan Sunan Kalijaga, dan dari jalur neneknya, Husein Mutahar merupakan keturunan Belanda. Husein Mutahar lahir pada hari Sabtu, tanggal 5 Agustus tahun 1916 M di Semarang Utara, Jawa Tengah. Husein Mutahar sekolah di Europeesche Lagere School, Meer Uitgebreid Lager Onderwijs, Algemeene Middelbare School, kuliah di Universitas Gadjah Mada selama satu tahun dan aktif ikut kursus Kepanduan di dalam maupun luar negeri. Karirnya yang memuncak yaitu menjadi Ajudan Presiden Soekarno, menjadi Duta Besar RI untuk Vatikan, dan mendapat berbagai penghargaan di antaranya: penghargaan Bintang Mahaputera IV, Bintang Mahaputera Pratama, serta Bintang Gerilya. Kondisi politik Indonesia pada masa Orde Lama yaitu terus terjadi berbagai kelemahan di setiap periodenya yang berdampak mudahnya beralih ke sistem pemerintahan baru. Kondisi pendidikan yaitu seluruh rakyat Indonesia berhak mendapatkan pendidikan. Kondisi sosial Bangsa Indonesia yaitu dihapuskan berbagai macam diskriminasi. Husein Mutahar berkiprah sebagai penyelamat Bendera Pusaka Merah Putih, pejuang Kemerdekaan Bangsa Indonesia, pencipta lagu dengan tema Kebangsaan, Kepramukaan, dan Alam, tokoh pelopor Pandu dan Pramuka, pencetus gerakan Paskibraka, seorang Birokrat, serta Diplomat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kiprah Husein Mutahar, Orde Lama, Karir
Subjek: 900 Sejarah > 904 Dikumpulkan rekening peristiwa
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Peradaban Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 13 Sep 2024 07:48
Perubahan Terakhir: 13 Sep 2024 07:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15224

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.