Telaah Rasionalitas Pohon Zaqqum Dalam Al-Qur’an (Studi Komparatif Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az-Zuhaili dan Tafsir Al-Misbah Karya M.Quraish Shihab)

Waldi, Muhammad (2024) Telaah Rasionalitas Pohon Zaqqum Dalam Al-Qur’an (Studi Komparatif Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az-Zuhaili dan Tafsir Al-Misbah Karya M.Quraish Shihab). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320050_COVER.pdf

Download (220kB)
[img] Teks
S_IAT_191320050_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_191320050_BAB 1.pdf

Download (419kB)
[img] Teks
S_IAT_191320050_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (336kB)
[img] Teks
S_IAT_191320050_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (400kB)
[img] Teks
S_IAT_191320050_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (508kB)
[img] Teks
S_IAT_191320050_BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Teks
S_IAT_191320050_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstrak

Pohon Zaqqum merupakan salah satu pohon yang disebutkan dalam al-Qur’an yang dimana Pohon Zaqqum dikatakan tumbuh di dasar neraka Jahiim. Al-Qur’an mengatakan pohon tersebut sebagai bentuk siksaan bagi penghuni neraka yang banyak dosa, buah dari Pohon Zaqqum menyerupai kepala-kepala setan. Pohon Zaqqum tersebut menjadi objek dalam sebuah penelitian ini mengenai kerasionalitasannya, yang dimana pada awalnya ketika pertama kali Pohon Zaqqum tersebut dikabarkan banyak yang meragukannya dengan mengatakan, “apakah bisa sebatang pohon tumbuh di dalam Neraka, sedangkan api membakar segalanya”. Maka dari itu penelitian ini bermaksud untuk membahas mengenai kerasionalan dari Pohon Zaqqum tersebut. Berdasarkan latar belakang dalam penelitian ini, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1).Bagaimana makna Pohon Zaqqum dalam pandangan iIslam. 2).Bagaimana Penafsiran Al-Qur’an mengenai Pohon Zaqqum dalam tafsir al-Munir Wahbah Az-Zuhaili dan tafsir al-Misbah M. Quraish Shihab. 3).Bagaimana pandangan rasionalitas makna Pohon Zaqqum menurut penafsiran Wahbah Az-Zuhaili dan M.Quraish Shihab. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah studi kepustakaan (Library Research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Tafsir Al-Munīr, karya Wahbah Az-Zuḥailī dan Tafsir Al-Misbah, karya M.Quraish Shihab. Pohon Zaqqum yang tumbuh didasar Neraka Jahannam, yang tentunya belum pernah terjamah oleh manusia dan masih banyak orang yang belum mengetahui dan meyakini tentang keberadaannya. Seperti halnya ketika al-Qur’an mengabarkan tentang adanya suatu pohon yang tumbuh di dasar neraka, ada yang masih meragukan tentang kebenarannya. Dalam penelitian ini Wahbah az-Zuhaili dan M. Quraish Shihab berusaha membahas tentang kerasionalan Pohon Zaqqum yang disebutkan oleh al-Qur’an untuk memberikan pemahaman agar lebih mengetahui dan meyakini tentang keberadaannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Al-Qur’an, Pohon Zaqqum, Rasionalitas
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 12 Sep 2024 08:36
Perubahan Terakhir: 12 Sep 2024 08:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15214

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.