Strategi Komunikasi Pembinaan Keagamaan Dimajelis Ta’lim Nurul Huda Kampung Cikalahi Hilir

Putri Mita, Sari Juniar (2024) Strategi Komunikasi Pembinaan Keagamaan Dimajelis Ta’lim Nurul Huda Kampung Cikalahi Hilir. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510129_COVER.pdf

Download (280kB)
[img] Teks
S_KPI_201510129_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_201510129_BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Teks
S_KPI_201510129_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (559kB)
[img] Teks
S_KPI_201510129_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (434kB)
[img] Teks
S_KPI_201510129_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (652kB)
[img] Teks
S_KPI_201510129_BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Teks
S_KPI_201510129_DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstrak

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini dapat mempersiapkan masyarakat dalam berbagai perubahan yang membutuhkan pikiran, kesadaran, dan kreatifitas, maka masalah yang dihadapi oleh masyarakat Kampung Cikalahi Hilir adalah bahwasannya kurangnya kesadaran beragama dan kurangnya akhlak yang baik. Oleh karena itu, masyarakat khususnya remaja di kampung Cikalahi Hilir ini membutuhkan adanya pembinaan keagamaan agar terhindar dari hal-hal yang negatif. Maka dari itu, adanya majelis Ta’lim Nurul Huda sebagai wadah untuk belajar keagamaan. Rumusan masalah pada penalitian ini yaitu, bagaimana strategi komunikasi pembinaan keagamaan di Majlis Ta’alim Nurul Huda Kampung Cikalahi Hilir dan apakah faktor pendukung dan penghambat pembinaan keagamaan di Majlis Ta’alim Nurul Huda Kampung Cikalahi Hilir. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pembinaan keagamaan dimajelis ta’lim Nurul Huda dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung strategi komunikasi pembinaan keagamaan dimajelis ta’lim Nurul Huda kampung Cikalahi Hilir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sempel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 10 (sepuluh) informan yang sesuai. Teknik pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta teori yang digunakan yaitu teori komunikasi persuasif menurut Carl Hovland. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pembinaan keagamaan di Majlis Ta’alim Nurul Huda Kampung Cikalahi Hilir ada lima cara yaitu, kegiatan pengajian rutin di Majlis Ta’alim Nurul Huda Kampung Cikalahi Hilir (ceramah, kajian kitab, tadarus Al-Qur’an, dan diskusi keagamaan), mengidentifikasi jamaah atau mad’u, menggunakan Bahasa Sunda, menceritakan kisah-kisah yang inspiratif dan pendekatan emosional (keterbukaan dan keterhubungan pribadi serta empati dan pemahaman). Dimana dengan kelima strategi yang telah dilakukan Majlis Ta’alim Nurul Huda Kampung Cikalahi Hilir mampu dalam pembinaan keagamanaan untuk meningkatkan kesadaran beragama dan kurangnya akhlak yang baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Komunikasi dan Pembinaan Keagamaan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 12 Sep 2024 03:47
Perubahan Terakhir: 12 Sep 2024 03:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15207

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.