Metode Dakwah Ustadz Ahmad Kholili Dalam Pembinaan Masyarakat Desa Cadas Tangerang

Jurais, Muhamad (2024) Metode Dakwah Ustadz Ahmad Kholili Dalam Pembinaan Masyarakat Desa Cadas Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510131_COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Teks
S_KPI_191510131_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (633kB)
[img] Teks
S_KPI_191510131_BAB 1.pdf

Download (315kB)
[img] Teks
S_KPI_191510131_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (327kB)
[img] Teks
S_KPI_191510131_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (160kB)
[img] Teks
S_KPI_191510131_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (445kB)
[img] Teks
S_KPI_191510131_BAB 5.pdf

Download (199kB)
[img] Teks
S_KPI_191510131_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstrak

Dakwah merupakan sebuah ajakan kepada jalan kebenaran untuk mendapatkan ridho Ilahi dengan tujuan kebahagiaan dunia dan akhirat. Dengan adanya dakwah diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang yang haq dan yang batil. Oleh karena itu, dakwah sangat diperlukan manusia dalam menjalani kehidupan. Agar manusia bisa menerima dakwah, perlu adanya faktor pendukung yaitu metode atau cara dalam penyampaian dakwah. Sebab adanya metode dakwah, da’i dapat menyesuaikan materi yang disampaikan berdasarkan kondisi mad’u. dengan demikian, ustadz Ahmad Kholili menggunakan metode dakwah sejak ia memulai aktifitas dakwah di tempat tinggalnya. Terlebih, Ketika ia tinggal di desa cadas yang melihat keadaan dan perilaku masyarakat yang menyimpang dari norma-norma ajaran islam, sehingga segala upaya untuk berdakwah di desa tersebut dilakukan dengan semangat juang yang tinggi dalam mengibarkan panji islam. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis berusaha meneliti masalah berikut ini: Bagaimana metode dakwah ustadz Ahmad Kholili di desa cadas? Apa faktor pendukung dan penghambat metode dakwah ustadz Ahmad Kholili? Teori yang dipergunakan adalah teori Source, Massage, Channel, Recevier (SMCR). Menggunakan sistem satu arah (one way) yang menekankan penelitian kepada sumber. Sumber yang memiliki pengaruh terhadap perorang ataupun kelompok. Yang menjadi sumber utama pada penulisan skripsi ini adalah ustadz Ahmad Kholili. Penelitian menggunakan metode deskriftif kualitatif yang mana penulis menggambarkan metode dakwah yang digunakan ustadz Ahmad Kholili di desa cadas berdasarkan data melalui wawancara subjek dakwah dan objek dakwah, serta observasi dengan pengamatan. Metode dakwah yang digunakan oleh ustadz Ahmad Kholili adalah metode bil hikmah dan mau’izhah hasanah melalui media mimbar yaitu dalam kesempatan khutbah jum’at dan juga pengajian-pengajian yang biasa diadakan mingguan dan bulanan. Serta pengamalan langsung sebagai bentuk pengaplikasian materi dakwah yang disampaikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Dakwah, Ustadz Ahmad Kholili, Pembinaan masyarakat
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 05 Sep 2024 08:26
Perubahan Terakhir: 05 Sep 2024 08:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15130

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.