Penerapan Hukum De Moivre untuk Menentukan Nilai Penyisihan Kontribusi Asuransi Jiwa Dwiguna dengan Metode Canadian

Kusumawati, Tarisa (2024) Penerapan Hukum De Moivre untuk Menentukan Nilai Penyisihan Kontribusi Asuransi Jiwa Dwiguna dengan Metode Canadian. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AS_201430048_Cover.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_AS_201430048_Lampiran Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_AS_201430048_Bab I.pdf

Download (408kB)
[img] Teks
S_AS_201430048_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (449kB)
[img] Teks
S_AS_201430048_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (210kB)
[img] Teks
S_AS_201430048_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (517kB)
[img] Teks
S_AS_201430048_Bab V.pdf

Download (270kB)
[img] Teks
S_AS_201430048_Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB)

Abstrak

Penyisihan kontribusi merupakan jumlah penyisihan untuk memenuhi estimasi klaim yang timbul pada periode mendatang. Penyisihan kontribusi yang tidak cukup dapat mengakibatkan risiko keuangan pada perusahaan asuransi jiwa, terutama ketika jumlah klaim yang diajukan melebihi prediksi. Untuk menghadapi keadaan seperti ini perusahaan dapat mengantisipasi dengan cara menggunakan metode perhitungan penyisihan kontribusi yang akurat dan efisien. Rumusan pada penelitian ini yaitu; 1) Bagaimana menentukan model penyisihan kontribusi pada asuransi jiwa dwiguna dalam penerapan hukum De Moivre pada metode Canadian? 2) Bagaimana hasil perhitungan nilai penyisihan kontribusi pada asuransi jiwa dwiguna dalam penerapan hukum De Moivre pada metode Canadian? 3) Bagaimana perbandingan perhitungan nilai penyisihan kontribusi dengan metode Canadian pada asuransi jiwa dwiguna menggunakan hukum De Moivre dan tanpa hukum De Moivre?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu; 1) Untuk menentukan model penyisihan kontribusi pada asuransi jiwa dwiguna dalam penerapan hukum De Moivre pada metode Canadian. 2) Untuk mengetahui hasil perhitungan nilai penyisihan kontribusi pada asuransi jiwa dwiguna dalam penerapan hukum De Moivre pada metode Canadian. 3) Untuk mengetahui hasil perbandingan perhitungan nilai penyisihan kontribusi dengan metode Canadian pada asuransi jiwa dwiguna menggunakan hukum De Moivre dan tanpa hukum De Moivre Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur atau penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan berupa TMI (IV) dengan proses pengolahan data menggunakan bantuan Software Microsoft Excel. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan untuk menentukan nilai penyisihan kontribusi menyatakan bahwa nilai penyisihan kontribusi metode canadian tanpa menerapkan hukum De Moivre nilainya lebih besar pada awal tahun dibandingkan dengan hasil perhitungan nilai penyisihan kontribusi metode Canadian dengan menerapkan hukum De Moivre. Artinya ketika nilai penyisihan kontribusi tanpa hukum De MoivreNmenunjukkan nilai yang lebih besar, hal ini dapat menguntungkan bagi perusahaan karena memiliki dana penyisihan yang lebih besar pula. Penggunaan metode Canadian dalam perhitungan dana penyisihan kontribusi dapat menghasilkan perhitungan yang lebih akurat karena mempertimbangkan lebih banyak faktor dibandingan dengan metode perhitungan dana penyisihan kontribusi yang lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penyisihan Kontribusi, Metode Canadian, Hukum Mortalitas De Moivre
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 05 Sep 2024 04:00
Perubahan Terakhir: 05 Sep 2024 04:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15124

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.