Rational Emotive Therapy (RET) dalam Mengatasi Perspektif (Studi Kasus di Link. Jerang Barat, Kel. Karang Asem, Kota Cilegon)

Rizkiyah, Rizkiyah (2017) Rational Emotive Therapy (RET) dalam Mengatasi Perspektif (Studi Kasus di Link. Jerang Barat, Kel. Karang Asem, Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (FULL PAPER)
133400258 RIZKIYAH RATIONAL EMOTIVE THERAPY (RET) DALAM MENGATASI PERSPEKTIF NEGATIF ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK P~1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan dan menuntut ilmu merupakan kewajiban baik bagi laki-laki maupun perempuan, tidak ada perbedaan bagi keduanya karena keduanya mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Memberikan pendidikan pada anak merupakan salah satu tugas orang tua, namun faktanya masih ada orang tua yang mendiskriminasi hak antara anak laki-laki dan anak perempuan untuk memperoleh pendidikan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis bermaksud untuk memberikan sebuah layanan yaitu Rational Emotive Therapy (RET) untuk mengatasi perspektif negatif orang tua dalam memberikan pendidikan bagi anak perempuan Penelitian ini membahas beberapa rumusan masalah di antaranya: 1) Bagaimana perspektif negatif orang Tua terhadap pendidikan anak perempuan di Link. Jerang Barat, Kel. Karang Asem, Kota Cilegon?, 2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Perspektif Negatif Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Perempuan?, 3) Bagaimana penerapan Rational Emotive Therapy (RET) dalam Mengatasi Perspektif Negatif Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Perempuan?, 4) Bagaimana pengaruh Rational Emotive Therapy (RET) dalam Mengatasi Perspektif Negatif Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Perempuan?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perspektif negatif orangtua terhadap pendidikan anak perempuan di Link. Jerang Barat, Kel. Karang Asem, Kota Cilegon. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Perspektif Negatif Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Perempuan. 3) Untuk mengetahui penerapan Rational Emotive Therapy (RET) dalam Mengatasi Perspektif Negatif Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Perempuan. 4) Untuk mengetahui pengaruh Rational Emotive Therapy (RET) dalam Mengatasi Perspektif Negatif Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Perempuan. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Penarikan sampel dilakukan dengan cara purposif yaitu menekankan pada karakteristik tertentu. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pada awal penelitian perspektif positif orang tua terhadap pendidikan anak perempuan rata-ratanya sebesar 55,25% dan setelah dilakukan sebuah layanan atau terapi perspektif positifnya mencapai rata-rata 74,824%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perspektif negatif orang tua adalah faktor pendidikan, faktor ekonomi dan faktor kesadaran orang tua. Penerapan Rational Emotive Therapy (RET) dapat dilakukan melalui beberapa teknik di antaranya teknik pengajaran, persuasif, konfrontasi dan teknik pemberian tugas

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 29 Des 2017 09:26
Perubahan Terakhir: 02 Apr 2024 05:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.