Memakai Wig dan Sanggul dalam Perspektif Hadis (Studi Hadis Tematik)

Suherni, Suherni (2024) Memakai Wig dan Sanggul dalam Perspektif Hadis (Studi Hadis Tematik). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IH_201370010_Cover.pdf

Download (102kB)
[img] Teks
S_IH_201370010_Lampiran Depan.pdf

Download (828kB)
[img] Teks
S_IH_201370010_Bab I.pdf

Download (267kB)
[img] Teks
S_IH_201370010_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (407kB)
[img] Teks
S_IH_201370010_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (807kB)
[img] Teks
S_IH_201370010_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (524kB)
[img] Teks
S_IH_201370010_Bab V.pdf

Download (155kB)
[img] Teks
S_IH_201370010_Daftar Pustaka.pdf

Download (246kB)

Abstrak

Memakai wig sudah ada sejak zaman Rasulullah, yang dilakukan oleh wanita wanita bani israil banyak hadis yang melarang hal tersebut,dan dalam teks hadisnya sendiri Allah Swt melaknat seseorang yang menyambung rambut dan yang minta disambung rambutnya ,hal ini dikarenakan perbuatan tersebut dianggap melampaui batas dan sebagai bagian dari unsur penipuan dalam mempercantik diri. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Sunan tirmidzi No 1759, jilid 4, halaman 236 ini menjelaskan bahwa Allah melaknat terhadap orang yang menggunakan wig dan sanggul. Melihat fenomena yang terjadi, penulis merasa perlu sekali untuk meneliti bagaimana hadis rasulullah Saw yang menjadi tuntunan dan rambu-rambu dikehidupan sehari-hari khususnya buat umat muslim agar tidak melanggar aturan syari‟at, penelitian ini perlu oleh penulis, karena kita sebagai umat muslim memiliki tuntunan atau panutan selain al-Qur‟an adalah hadis Nabi Muhamad Saw. Berdasarkan latar belaknag skripsi di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana Klasifikasi hadis-hadis tentang memakai wig dan sanggul? 2). Bagaimana pandangan ulama tentang memakai wig dan sanggul? Adapun tujuan skripsi ini 1). Untuk mengetahui klasifikasi hadis-hadis tentang wig dan sanggul. 2). Untuk mengetahui bagaimana pandangan ulama tentang memakai wig dan sanggul . Dalam skripsi ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) yaitu upaya pengumpulan data berdasarkan penelusuran dari berbagai buku atau catatan-catatan, jurnal, artikel, dan refernsi lainnya yang sesuai terhadap penelitian ini. Sehingga akan diperoleh data-data yang berhubungan dengan masalah yang dibahas dan dipecahkan. Adapun metode yang digunakan yaitu metode tematik. Hasil dari skripsi ini sebagai berikut : Klasifikasi Hadis-hadis yang membahas tentang memakai wig yang terdapat dalam kitab hadis Bukhari dan Tirmidzi 1759, Sunan Abu dawud 4167, Muslim nomor 2122, Bukhari nomor 5948, Bukhari nomor 5938, Sunan An-nasa‟i 5093, Muslim nomor 2127. Isi kandungan Hadis tentang pemakaian wig dan sanggul, para ulama hadis menyebutkan bahwa pemakaian wig dan sanggul ini dilarang Allah melaknat bagi seseorang yang menyambungnya dan yang minta disambungkannya, menyambung dan disambung maksudnya adalah orang yang memakai wig dan sanggul dan orang yang membantu memasangkannya, karena sesuatu hal tersebut mengandung unsur penipuan dalam berhias diri. Adapun hadis hadis tentang laknat bagi para pemakainya juga dikuatkan lagi oleh hadis-hadis mengenai berhias yang dinilai sebagai berhias dengan cara merubah ciptaan Allah, karena rambut merupakan sesuatu yang sudah Allah ciptakan pada tiap diri manusia bahkan sudah dari sejak lahir manusia sudah memiliki rambut, tidak hanya pendapat muhadis pendapat menurut ulama fikih pun menguatkan hadis-hadis tentang hukum penggunaan wig dan sanggul ini bahwa ketika tidak alasan untuk memakainya maka mendapatkan laknat bagi para pemakainya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Wig, Sanggul, Perspektif Hadis
Subjek: 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait > 2x2.1 Ilmu Hadist
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 03 Sep 2024 08:26
Perubahan Terakhir: 03 Sep 2024 08:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15100

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.