Analisis Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII).

Rafiko, Rafiko (2024) Analisis Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_171410285_COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Teks
S_ES_171410285_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (844kB)
[img] Teks
S_ES_171410285_BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Teks
S_ES_171410285_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (290kB)
[img] Teks
S_ES_171410285_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (293kB)
[img] Teks
S_ES_171410285_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (303kB)
[img] Teks
S_ES_171410285_BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Teks
S_ES_171410285_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)

Abstrak

Good Corporate Governance (GCG) merupakan sistem yang mengatur dan mengendalikan perusahaan yang menciptakan nilai tambah (value added) untuk semua stakeholder. Penerapan GCG di Indonesia khususnya pada perusahaan publik dapat dikatakan belum begitu baik. Laporan yang didapatkan bahwa, dari 50 perusahaan besar yang ada di Asia Tenggara baru 2 perusahaan Indonesia yang termasuk dalam kategori GCG. Faktor kendala yang menghambat buruknya suatu perusahaan dalam menerapkan GCG disebebkan oleh tiga faktor, yaitu kendala internal, kendala eksternal, dan kendala yang berasal dari struktur kepemilikan. Pasar modal memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian global saat ini. Sebagai negara yang pasar keuangannya tengah berkembang, pasar modal telah menjadi bagian penting dalam perekonomian Indonesia. Pasar modal yang menawarkan produk-produk syariah telah tersedia, seperti, Jakarta Islamic Index (JII), dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), yang merepresentasikan kondisi aktual pasar modal syariah nasional. Perkembangan pasar modal ini diharapkan mampu mendongkrak kinerja perekonomian nasional Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah secara parsial dewan komisaris, dewan direksi dan kepemilikan institusional memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan? dan apakah ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol dapat meningkatkan nilai hubungan dewan komisaris, dewan direksi dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui apakah secara parsial dewan komisaris, dewan direksi dan kepemilikan institusional memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, dan untuk mengetahui apakah ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol dapat meningkatkan nilai hubungan dewan komisaris, dewan direksi dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder yang bersifat time series atau data runtutan yang berjumlah 54 data. Data penelitian bersumber dari laporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar di JII. Sampel dalam penelitian adalah perusahaan yang secara konsisten terdaftar di JII dari tahun 2019-2021. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa, secara parsial variabel dewan komisaris berpengaruh terhadap kinerja keuangan, dengan nilai sig 0,007 < 0,05. Variabel dewan direksi memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan, dengan nilai sig 0,001 < 0,05. Variabel kepemilikan institusional memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan, dengan nilai sig 0,022 < 0,05. Variabel ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol tidak dapat meningkatkan hubungan variabel dewan komisaris, dewan direksi dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Direksi, GCG, JII, Kepemilkan Institusional dan Komisaris.
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 02 Sep 2024 08:29
Perubahan Terakhir: 02 Sep 2024 08:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15073

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.