Hak dan Kewajiban Anak di Bawah Umur yang Hamil di Luar Nikah Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di Desa Ciinjuk Kec. Cadasari Kab. Pandeglang)

Shepiana, Siti (2024) Hak dan Kewajiban Anak di Bawah Umur yang Hamil di Luar Nikah Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di Desa Ciinjuk Kec. Cadasari Kab. Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_201110063_Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Teks
S_HKI_201110063_Lampiran Depan.pdf

Download (537kB)
[img] Teks
S_HKI_201110063_Bab I.pdf

Download (427kB)
[img] Teks
S_HKI_201110063_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (456kB)
[img] Teks
S_HKI_201110063_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (347kB)
[img] Teks
S_HKI_201110063_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (413kB)
[img] Teks
S_HKI_201110063_Bab V.pdf

Download (206kB)
[img] Teks
S_HKI_201110063_Daftar Pustaka.pdf

Download (808kB)

Abstrak

Anak adalah keturunan dari hasil hubungan pernikahan antara seorang pria dan wanita. Tanggung jawab membesarkan anak ada pada orang tua, kedua orang tua wajib merawat membimbing dan mendidik anak sebaik mungkin, mengajarkan norma-norma dan agama agar tidak terjerumus pergaulan yang tidak baik. pergaulan bebas antara pria dan wanita semakin marak dan semakin tak dapat dikendalikan. Salah satu bentuk pergaulan bebas yang dilakukan baik pria maupun wanita adalah melakukan hubungan seksual sebelum ikatan pernikahan. Pada masa saat ini merupakan zaman dimana mana perbuatan tercela dan hina sering terjadi. problem yang terjadi di desa Ciinjuk adalah terjadinya pasangan menikah karna hamil diluar pernikahan dan juga terdapat pernikahan di bawah umur, hal tersebut merupakan bentuk penyimpangan yang bertolak belakang dengan norma norma, dan ajaran Islam. karna adanya kebebasan yang mengakibatkan anak berani melakukan perbuatan yang tidak baik. Berangkat dari latar belakang yang telah dipaparkan, maka terdapat beberapa permasalahan yaitu: 1) bagaimana hak dan kewajiban anak di bawah umur yang hamil diluar nikah di desa Ciinjuk?, 2) bagaimana pengaturan anak yang hamil diluar nikah perspektif hukum Islam dan hukum positif ?. Adapun tujuan daripada penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hak dan kewajiban anak di bawah umur yang hamil diluar nikah di desa Ciinjuk 2) untuk mengatahui tentang pengurusan anak di bawah umur yang hamil diluar nikah di desa ciinjuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud mempelajari secara instensif tentang latar belakang masalah, dengan terjun langsung mengamati hak dan kewajiban anak di bawah umur yang hamil diluar nikah di desa Ciinjuk. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disumpulkan bahwa hak seorang anak di bawah umur yang hamil di luar nikah yaitu mendapatkan pendidikan, pengayoman atau kasih sayang dan yang tak kalah penting yaitu pengajaran mengenai agama. Selain itu seorang anak yang hamil diluar nikah juga memiliki kewajiban untuk berbakti kepada orangtua, menghormati, dan meminta maaf atas kesalahan yang telah diperbuat. Seorang anak yang hamil diluar nikah di bolehkan untuk melangsungkan pernikahan ketika anak tersebut lahir maka pernikahan harus di laksanakan kembali namun pernikahan tersebut tidak merubah nasab anak yang di kandungnya. Anak tersebut hanya memiliki nasab kepada ibunya dan keluarga ibunya dalam hal ini hukum Islam dan hukum positif memiliki pandangan yang sama.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.37 Menyusui dan mengasuh/memelihara anak
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 02 Sep 2024 04:44
Perubahan Terakhir: 02 Sep 2024 04:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15062

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.