Analisis Mekanisme Penetapan Harga Jual Kertas Dan Jasa Percetakan Dalam Ekonomi Syariah (Studi Kasus CV. Obith Media Grafika Kecamatan Serang)

Zahri Arrizal, Darajat Adhomu (2024) Analisis Mekanisme Penetapan Harga Jual Kertas Dan Jasa Percetakan Dalam Ekonomi Syariah (Studi Kasus CV. Obith Media Grafika Kecamatan Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_161410187_COVER.pdf

Download (469kB)
[img] Teks
S_ES_161410187_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_ES_161410187_BAB I.pdf

Download (892kB)
[img] Teks
S_ES_161410187_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (744kB)
[img] Teks
S_ES_161410187_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (337kB)
[img] Teks
S_ES_161410187_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (610kB)
[img] Teks
S_ES_161410187_BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_ES_161410187_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)

Abstrak

Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu kurangnya pelaku bisnis dalam memperhatikan prinsip-prinsip ekonomi syariah dalam berbisnis. Seperti adanya ketidakjelasan dalam mekanisme penetapan harga jual kertas dan jasa percetakan yang digunakan di CV. Obith Media Grafika Kecamatan Serang, yaitu penetapan harga jual kertas dan penetapan harga suatu produk atau barang yang tidak berdasarkan nilai mata uang yang berlaku dan penetapan laba yang terlalu tinggi di bidang jasa percetakan. Rumusan masalah dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu 1). Bagaimana mekanisme penetapan harga jual kertas dan jasa percetakan pada CV. Obith Media Grafika Kecamatan Serang?. 2). Bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap mekanisme penetapan harga jual kertas dan jasa percetakan pada CV. Obith Media Grafika Kecamatan Serang tersebut?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimana mekanisme penetapan harga jual kertas dan jasa percetakan dalam Ekonomi Syariah pada CV. Obith Media Grafika Kecamatan Serang. 2). Untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap mekanisme penetapan harga jual kertas dan jasa percetakan dalam Ekonomi Syariah. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, maka penulis menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan selama masa penelitian. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi dan wawancara, dengan objek penelitian di CV. Obith Media Grafika Kecamatan Serang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis tentang mekanisme penetapan harga jual kertas dan jasa percetakan dalam Ekonomi Syariah pada CV. Obith Media Grafika maka dapat disimpulkan bahwa mekanisme penetapan harga jual kertas dilakukan dengan menggunakan harga kompetitor sebagai referensi. Penerapan strategi harga jual juga bisa digunakan untuk mensiasati para pesaingnya, misalkan dengan cara menetapkan harga di bawah harga pasar dengan maksud untuk meraih pangsa pasar. Penetapan laba yang terlalu tinggi di bidang jasa percetakan dikarenakan CV. OMG mempunyai peralatan dan mesin yang lebih lengkap. Mekanisme penetapan harga jual kertas dan jasa percetakan yang dilakukan oleh Percetakan CV. Obith Media Grafika Kecamatan Serang dalam penggunaan mekanisme penetapan pembulatan harga sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, yaitu mekanisme penetapan harga jual berbasis nilai keadilan dengan menetapkan harga yang wajar dan tidak mengambil keuntungan yang besar dan merupakan titik keseimbangan antara kekuatan permintaan dan penawaran yang disepakati secara sukarela oleh pembeli dan penjual di CV. Obith Media Grafika Kecamatan Serang dengan memperhatikan daya beli masyarakat atau pelanggan. Hasil pembulatan di CV. Obith Media Grafika Kecamatan Serang bukan untuk kepentingan pribadi, melainkan dikumpulkan dan dialihkan untuk dana sosial dan kotak amal.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Prinsip Ekonomi Syariah, Mekanisme Penetapan Harga Jual Kertas dan Jasa Percetakan, CV. Obith Media Grafika Kecamatan Serang, Harga Kompetitor, Keadilan Harga.
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan > 332.041 Modal, Permodalan
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 02 Sep 2024 04:52
Perubahan Terakhir: 02 Sep 2024 04:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15061

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.