Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Alam Melalui Taman Keanekaragam Hayati (KEHATI) Oleh Kelompok Tani Hutan Barokah Di Kampung Pasir Ceuri, Desa Kadubereum, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

Nurfauziah, Desi Haifa (2024) Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Alam Melalui Taman Keanekaragam Hayati (KEHATI) Oleh Kelompok Tani Hutan Barokah Di Kampung Pasir Ceuri, Desa Kadubereum, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_201530072_COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Teks
S_PMI_201530072_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (607kB)
[img] Teks
S_PMI_201530072_BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Teks
S_PMI_201530072_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (352kB)
[img] Teks
S_PMI_201530072_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (255kB)
[img] Teks
S_PMI_201530072_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (587kB)
[img] Teks
S_PMI_201530072_BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Teks
S_PMI_201530072_DAFTR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)

Abstrak

Kelompok Tani Hutan (KTH) Barokah merupakan sebuah komunitas dinamis yang dibentuk untuk memberdayakan sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk membangun taraf hidup masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama dalam hal melestarikan lingkungan. Latar belakang didirikannya komunitas ini adalah karena banyaknya masyarakat yang kurang memahami terkait pentingnya pelestarian lingkungan hidup, Adanya Taman KEHATI diharapkan bisa membuat masyarakat lokal lebih berdaya sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan serta sikap mandiri masyarakat lokal dalam memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia. Oleh karena itu KTH Barokah melakukan gerakan pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada potensi alam yang ada Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui program-program pemberdayaan masyarakat oleh KTH Barokah 2) Untuk mengetahui peran KTH Barokah dalam proses pemberdayaan masyarakat melalui taman KEHATI 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat KTH Barokah dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan bagaimana proses dan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Oktober 2023-Mei 2024. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan didapatkan bahwa 1) KTH Barokah mempunyai tiga program pemberdayaan masyarakat, yaitu: sosialisasi pemeliharaan lingkungan dan kehutanan, pelatihan dan pendidikan penanaman tanaman lokal, pemeliharaan lingkungan dan kehutanan. 2) peran yang dilakukan oleh KTH Barokah adalah peran sebagai pelopor, peran sebagai penggerak, peran sebagai pembaharu. 3) Dalam setiap pelaksanaan kegiatan pasti terdapat faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung pada program ini adalah adanya dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang, dukungan dari LSM Rekonvasi Bumi, dukungan dari masyarakat, dukungan dari PT. Chandra Asri. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan dari pemerintah desa dan kurangnya solidaritas antar pengurus KTH Barokah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): elompok Tani Hutan, Lingkungan hidup, tanaman lokal dan pemberdayaan masyarakat
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 02 Sep 2024 04:03
Perubahan Terakhir: 02 Sep 2024 04:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15059

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.