Tinjauan Sosiologis Penerapan Tata Tertib Tamu Wajib Lapor dalam Implementasi Perda Kab. Serang No. 2 Tahun 2018 (Studi di RW. 003 Desa Argawana Kec. Pulo Ampel Kab. Serang)

Ulum, Ahmad Islahul (2024) Tinjauan Sosiologis Penerapan Tata Tertib Tamu Wajib Lapor dalam Implementasi Perda Kab. Serang No. 2 Tahun 2018 (Studi di RW. 003 Desa Argawana Kec. Pulo Ampel Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
1 Lampiran Depan Rev Sidang Ahmad Islahul Ulum HTN 26 Maret B5.pdf

Download (736kB)
[img] Teks
2 BAB 1 Rev Sidang Ahmad Islahul Ulum HTN 26 Maret B5.pdf

Download (224kB)
[img] Teks
3_BAB_2_Rev_Sidang_Ahmad_Islahul_Ulum_HTN_26_Maret_B5.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (308kB)
[img] Teks
4 BAB 3 Rev Sidang Ahmad Islahul Ulum HTN 26 Maret B5.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (188kB)
[img] Teks
5 BAB 4 Rev Sidang Ahmad Islahul Ulum HTN 26 Maret B5.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (355kB)
[img] Teks
6 BAB 5 Rev Sidang Ahmad Islahul Ulum HTN 26 Maret B5.pdf

Download (11kB)
[img] Teks
8 Lampiran Belakang Rev Sidang Ulum HTN 26 Maret B5.pdf

Download (636kB)

Abstrak

Peraturan Daerah (Perda) memiliki peran penting dalam sistem hukum Indonesia. Untuk menjaga ketertiban umum dan keamanan masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Serang menerbitkan Perda Nomor 2 tahun 2018 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Meskipun kedatangan sahabat dan saudara ke rumah merupakan momen penting untuk memperkuat silaturahim, perlu diingat bahwa tamu yang tinggal lebih dari 3 hari, terutama kerabat dekat, dapat menimbulkan masalah. Oleh karena itu, perlu dijaga agar kunjungan tersebut tidak mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum. Rumusan masalah dan tujuan penelitian: 1) Bagaimana implementasi Perda Kab. Serang No. 2 Tahun 2018 Pasal 20 di lingkungan RW. 003 Desa Argawana Kec. Pulo Ampel? 2) Bagaimana tinjauan sosiologis implementasi Perda Kab. Serang No. 2 Tahun 2018 Pasal 20 di lingkungan RW. 003 Desa Argawana Kec. Pulo Ampel? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan tinjauan sosiologis implementasi Perda Kab. Serang No. 2 Tahun 2018 Pasal 20 di lingkungan RW. 003 Desa Argawana Kec. Pulo Ampel. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dengan metode pendekatan yuridis empiris atau penelitian sosiologi hukum. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Dalam proses menganalisis dan menginterpretasikan data-data yang telah terkumpul peneltian menggunakan data analisis deskriptif kualitatif untuk memperoleh kesimpulan atau jawaban dari permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Peraturan Pasal 20 dari Perda No. 2 tahun 2018 di RW 003 Desa Argawana sudah diterapkan dengan baik. Tamu yang menginap lebih dari 24 jam harus melapor dengan KTP atau SIM. Sosialisasi telah dilakukan untuk meningkatkan pemahaman, dan beberapa saran dari masyarakat telah diimplementasikan, termasuk pemasangan rambu "tamu wajib lapor" di poskamling. Meskipun pembuatan portal masih direncanakan karena keterbatasan anggaran. 2) Menurut tinjauan sosiologis, bertamu penting untuk menjaga norma sosial, membangun kepercayaan, dan pertukaran budaya. Penerapan Perda Nomor 2 tahun 2018 di lingkungan RW 003 Desa Argawana bertujuan mengontrol tamu asing agar tidak menyebabkan masalah. Meskipun masih ada pelanggaran, Ketua RW dan RT akan mengingatkan warga serta melaporkan tamu asing untuk menjaga keamanan lingkungan

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Ahmad Zaini Pembimbing II: Ade Jaya Suryani
Kata Kunci (keywords): Akad Mukhabarah, Bagi hasil, Petani dan Pemilik Lahan
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.6 Hukum Peradilan, Qada', Hukum Perdata Islam > 2x4.68 Perbandingan Hukum Pengadilan Islam dengan Hukum Lain
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 30 Aug 2024 05:12
Perubahan Terakhir: 30 Aug 2024 05:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15048

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.