Pendampingan Perempuan Melalui Potensi Ekonomi Kreatif Dari Daun Melinjo Kampung Bulakan (DAMELKAN)” Participatory Learning and Action Research di Kampung Bulakan, Desa Cikedung, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang Banten.

Suyiroh, Suyiroh (2024) Pendampingan Perempuan Melalui Potensi Ekonomi Kreatif Dari Daun Melinjo Kampung Bulakan (DAMELKAN)” Participatory Learning and Action Research di Kampung Bulakan, Desa Cikedung, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_191530003_COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Teks
S_PMI_191530003_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (518kB)
[img] Teks
S_PMI_191530003_BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Teks
S_PMI_191530003_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (223kB)
[img] Teks
S_PMI_191530003_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (550kB)
[img] Teks
S_PMI_191530003_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (110kB)
[img] Teks
S_PMI_191530003_BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Teks
S_PMI_191530003_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstrak

Kecamatan Mancak, di Desa Cikedung adalah salah satu daerah di Provinsi Banten dan Kabupaten Serang yang jauh dari perkotaan, tidak memiliki akses ke teknologi, dan berada di wilayah pegunungan. Akibatnya, Kampung Bulakan belum melakukan perubahan pola hidup atau perilaku karena keadaan tersebut. Di antara banyak potensi yang ada di Kampung Bulakan, ada sejumlah besar yang sudah digunakan, tetapi ada juga yang belum. Salah satu potensinya adalah tanaman melinjo yang tumbuh subur. Melihat banyaknya potensi tanaman melinjo dan luasnya wilayah perkebunan melinjo, masyarakat seharusnya mampu mengembangkan sumber daya alam untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena keterbatasan teknologi dan kurangnya pengetahuan, masyarakat di sana tidak dapat mengembangkan potensinya dengan baik. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengedukasi ibu-ibu PKK melalui potensi ekonomi kreatif dari pemanfaatan daun melinjo. 2) Melaksanakan pendampingan dengan pelatihan cara pengemasan, pelabelan dan pemasaran produk damelkan. Metode penelitian ini menggunakan metode PLA (Participatory Learning and Action). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah melalui FGD, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendampingan ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Juli hingga September 2023. Berdasarkan pendampingan yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Meningkatkan kesadaran subjek dampingan UMKM ini menjadi keutamaan dalam bidang ekonomi kreatif karena memberikan kesempatan banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat yang membutuhkan, dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada di daerah mereka guna mengurangi tingkat kemiskinan, serta menaikkan nama daerahnya dengan memproduksi damelkan menjadi salah satu UMKM. 2) Subjek dampingan mampu menerapkan keterampilannya memproduksi olahan makanan daun melinjo dengan cara pengemasan, menggunakan label produk serta pemasaran yang pada umumnya digunakan saat ini. Diadakan program pelatihan tersebut untuk meningkatkan kinerja penjualan produk damelkan melalui jual beli online. Marketplace yang digunakan subjek dampingan adalah melalui WhatsApp Status dan Shopee.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan, Ekonomi Kreatif, Daun Melinjo, PLA (Participatory Learning and Action).
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 28 Aug 2024 08:43
Perubahan Terakhir: 28 Aug 2024 08:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15035

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.