Pemberdayaan Perempuan Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Dan Inovasi Produk Lokal Oleh Kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Karawaci Kota Tangerang

Sayyidinaa, Fortuna (2024) Pemberdayaan Perempuan Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Dan Inovasi Produk Lokal Oleh Kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_181530011_COVER.pdf

Download (110kB)
[img] Teks
S_PMI_181530011_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (520kB)
[img] Teks
S_PMI_181530011_BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Teks
S_PMI_181530011_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (314kB)
[img] Teks
S_PMI_181530011_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (945kB)
[img] Teks
S_PMI_181530011_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (327kB)
[img] Teks
S_PMI_181530011_BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
S_PMI_181530011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (991kB)

Abstrak

Pemberdayaan perempuan yang dilaksanakan oleh kelompok UMKM Kelurahan Pasar Baru dilaksanakan di suatu kampung tematik yang merupakan program pemerintah Kota Tangerang. Kampung tematik tersebut bernama Kampung Talas yang terletak di Kelurahan Pasar Baru. Dengan dilaksanakannya kegiatan pemberdayaan perempuan melalui program merajut diharapkan para perempuan di Kampung Talas mampu mandiri dengan mengandalkan kemampuan serta keterampilan yang ada dalam dirinya untuk menghasilkan suatu hasil karya rajutan yang kemudian nanti hasilnya bisa dijual untuk membantu perekonomian keluarga. Berdasarkan uraian yang sudah dijelaskan diatas, maka dapat ditentukan rumusan masalah penelitian, yaitu: 1) Bagaimana proses pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh kelompok UMKM Kelurahan Pasar Baru? 2) Apa manfaat kegiatan pelaksanaan program pengembangan ekonomi kreatif dan inovasi produk lokal yang dilaksanakan oleh kelompok UMKM Pasar Baru? 3) Faktor apa saja yang dapat mendukung dan menghambat pada pelaksanaan program pengembangan ekonomi kreatif dan inovasi produk lokal oleh kelompok UMKM Kelurahan Pasar Baru? Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk, 1) Untuk mengetahui proses kegiatan program merajut yang dilaksanakan oleh kelompok UMKM Kelurahan Pasar Baru. 2) Untuk mengetahui manfaat kegiatan program pengembangan ekonomi kreatif dan inivasi produk lokal yang dilaksanakan oleh kelompok UMKM Pasar Baru. 3) Untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan program pengembangan ekonomi kreatif dan inovasi produk lokal oleh kelompok UMKM Kelurahan Pasar Baru? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan juga wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa, 1) Terdapat tujuh tahapan pemberdayaan pada pelaksanaan kegiatan program merajut yang dilaksanakan oleh kelompok UMKM Kelurahan Pasar Baru yaitu persiapan, assement (pengkajian), perencanaan program, rencana aksi, pelaksanaan program, evaluasi program, dan terminasi. 2) Kegiatan pelaaksanaan program merajut memiliki beberapa manfaat, yaitu manfaat sosial, manfaat keterampilan, serta manfaat ekonomi. 3) Adapun faktor pendukung dari program tersebut yaitu: dukungan dari masyarakat, fasilitas yang memadai, serta pemanfaatan media sosial dan e-commerce sebagai sarana pemasaran produk. Adapun faktor penghambat program tersebut yaitu: kurangnya SDM yang tergabung, manajemen penjualan yang belum cukup kuat, tidak adanya catatan laporan pemasukan dan pengeluaran dana yang lengkap, serta permintaan konsumen terhadap hasil produk rajutan yang cukup bervariatif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Perempuan, UMKM, ekonomi kreatif, inovasi produk lokal, kampung tematik
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 28 Aug 2024 07:34
Perubahan Terakhir: 28 Aug 2024 07:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15033

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.