Pemenuhan Hak Asuh (hadhanah) Anak Yatim Piatu di Bawah Umur Menurut Perspektif Hukum Islam Dan UU Perlindungan Anak no. 23 Tahun 2002 (Studi Kasus Yayasan Al- Abqo Amanah Marwah di Kota Tangerang Selatan)

Nisa, Aliyatun (2023) Pemenuhan Hak Asuh (hadhanah) Anak Yatim Piatu di Bawah Umur Menurut Perspektif Hukum Islam Dan UU Perlindungan Anak no. 23 Tahun 2002 (Studi Kasus Yayasan Al- Abqo Amanah Marwah di Kota Tangerang Selatan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Teks
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (482kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (263kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (438kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (315kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (72kB)

Abstrak

qo Amanah Marwah di Kota Tangerang Selatan) Anak merupakan amanah dari Allah SWT dan penerus keturunan dari keluarganya. Anak sangat berhak mendapatkan pengasuhan dan pendidikan yang layak dari kedua orangtuanya sampai anak tersebut tumbuh dewasa. Di sisi lain, banyak sekali anak yang di tinggal meninggal oleh orang tuanya, dan hak pengasuhan tersebut berpindah kepada wali kerabat (ashabiyah) atau jika kerabat tidak memenuhi syarat maka anak di asuh oleh panti asuhan, yayasan yatim atau semacamnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pemenuhan hak asuh anak yatim di Yayasan Al- Abqo Amanah Marwah? Dan Bagaimana perspektif hukum Islam dan UU perlindungan anak tentang praktik pemenuhan hak asuh anak di Yayasan Al- Abqo Amanah Marwah?. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui apa saja pemenuhan hak asuh anak yatim di Yayasan Al- Abqo Amanah Marwah dan Untuk mengetahui dasar hukum Islam dan UU perlindungan anak tentang praktik pemenuhan hak asuh anak di Yayasan Al- Abqo Amanah Marwah. Pada metode penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan yuridis empiris yang menggunakan sumber hukum primer dan sumber hukum sekunder, sumber hukum primer itu sumber data yang didapat dari wawancara pengasuh Yayasan Al- Abqo Amanah Marwah. Sedangkan sumber hukum sekunder data yang didapat dari studi kepustakaan dan studi dokumen. Jenis penelitian pada skripsi ini yaitu kualitatif, dengan menggunakan metode study kasus. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa : 1) Pemenuhan kebutuhan dasar anak yang diberikan oleh Yayasan Al - Abqo Amanah Marwah terdapat pada layanannya. Bentuk perlindungan di Yayasan Al - Abqo Amanah Marwah seperti perlindungan dari diskriminasi, tindak kekerasan fisik maupun psikis, pelecehan seksual, dan ketelantaran telah terpenuhi dengan baik. 2) Menurut hukum Islam dan UU perlindungan anak, bahwasanya seluruh manusia diharuskan memuliakan anak yatim-piatu dan dilarang melakukan tindakan kekerasan serta diskriminasi kepada anak-anak baik anak yatim-piatu maupun anak normal yang masih memiliki orang tua. Karena anak-anak memiliki hak�hak atas hidup tenang dan maslahat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Muhammad Ishom Pembimbing II: Nina Chairina
Kata Kunci (keywords): Pemenuhan, Hak Asuh, Anak Yatim-Piatu
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.25 Pemberian > 2x4.251 Sadaqah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 27 Aug 2024 08:41
Perubahan Terakhir: 27 Aug 2024 08:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15030

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.