Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Kun Karima Pandeglang

Santoso, Nofan Budi and Sirojudin, Rumbang and Sa’ad, Suadi and Wasehudin, Wasehudin (2024) Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Kun Karima Pandeglang. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 5. pp. 468-475. ISSN p-ISSN : 2745-7141 e-ISSN : 2746-1920

[img] Teks
3199-Article Text-10751-1-10-20240821 Jurnal Pendidikan.pdf

Download (288kB)

Abstrak

SMA Kun Karima selaku sekolah penggerak Angkatan 2 yang mengimplementasikan kurikulum merdeka sehabis pandemic Covid 19, perihal tersebut dipengarui oleh pertumbuhan teknologi yang sangat pesat sehingga pengaruhi pergantian kebijakan pemerintah spesialnya di bidang Pembelajaran dengan merubah kurikulum 2013 jadi Kurikulum Merdeka, buat itu hendak terjalin pergantian serta tantangan guru dalam melaksanakan Kurikulum baru tersebut, Penelitian ini bertujuan menganalisa serta mengevaluasi kegiatan guru Pembelajaran Agama Islam di SMA Kun Karima Pandeglang dalam mempraktikkan Kurikulum Merdeka di kelas X serta XII, Fokusnya merupakan Perencanaan Pendidikan, Penerapan Pendidikan serta Asesmen Pendidikan. Dengan riset menggunakan tata cara kualitatif dengan pendekatan study deskriptif dengan satu responden, hasil merumuskan dalam perencanaan guru sanggup membuat materi ajar serta tujuan pendidikan cocok dengan ciri area SMA Kun Karima, serta guru sanggup mempraktikkan langka- langka pendidikan cocok dengan Materi Ajar yang dibuatnya, terakhir guru melaksanakan asesmen formatif serta sumatif cocok dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Dalam riset ini teruji guru guru Pembelajaran Agama Islam di SMA Kun Karima memiliki kesiapan serta kematangan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Buat mengoptimalkan pencapaian tujuan Pembelajaran yang di harapkan riset ini menggarisbawahi menyesuaikan diri guru dalam implementasi Kurikulum baru serta tingkatkan mutu pengajaran buat kesinambungan pertumbuhan Pembelajaran.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Kesiapan Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 23 Aug 2024 03:20
Perubahan Terakhir: 23 Aug 2024 03:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15012

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.