Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penetapan Harga Jual Beli Online Sepatu Limited edition (Studi di Varenz Sneakers)

Sholeh, TB Khaerul (2024) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penetapan Harga Jual Beli Online Sepatu Limited edition (Studi di Varenz Sneakers). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_171130175_COVER.pdf

Download (299kB)
[img] Teks
S_HES_171130175_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_171130175_BAB I.pdf

Download (679kB)
[img] Teks
S_HES_171130175_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (735kB)
[img] Teks
S_HES_171130175_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (444kB)
[img] Teks
S_HES_171130175_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (680kB)
[img] Teks
S_HES_171130175_BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Teks
S_HES_171130175_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)

Abstrak

Salah satu kegiatan muamalah yang sering kita jumpai dan lakukan yaitu jual beli. Kegiatan jual beli mengalami perkembangan dari segi produk maupun mekanismenya. Jual beli terbagi menjadi dua system yaitu offline (konvensional) dan online. Pertumbuhan pesat e-commerce dan tren berbelanja daring yang telah mempengaruhi cara transaksi bisnis dilakukan, termasuk dalam konteks sepatu limited edition. Sepatu limited edition memiliki daya tarik tersendiri bagi para kolektor dan penggemar sepatu sehingga memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Dalam transaksi jual beli sepatu limited edition, menimbulkan banyak sekali pertanyaan dan pertimbangan hukum Islam dalam penetapan harga serta pengambilan keuntungan. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1).Bagaimana praktik dan penetapan harga jual beli online sepatu limited edition di Varenz Sneakers? 2). Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penetapan harga jual beli online sepatu limited edition di Varenz Sneakers? Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui praktik dan penetapan harga jual beli online sepatu limited edition di Varenz Sneakers. 2). Mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap penetapan harga jual beli online sepatu limited edition di Varenz Sneakers. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang menggunakan pendekatan yuridis empiris, dengan menganalisis sumber data primer dari observasi serta wawancara kepada pemilik Varenz Sneakers dan wawancara kepada pembeli sepatu limited edition, data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, data-data yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisa kualitatif dan bersifat induktif. Kesimpulan yang diambil dalam penelitian ini ialah 1) Praktik jual beli online sepatu limited edition yang dilakukan oleh Varenz Sneakers, yaitu: Penawaran produknya melalui media sosialnya dan menawarkan langsung kepada pembeli langgananya, kemudian calon pembeli akan negosiasi, jika sudah terjadi kesepakatan harga maka akan dibuatkan katalog khusus oleh Varenz Sneakers melalui platform Shopee dan akan dibagikan kepada calon pembeli tersebut, kemudian pembeli melakukan pembayaran dan Varenz akan melakukan pengiriman. Dalam penetapan harga jual beli online Sepatu limited edition di Varenz Sneakers dengan jual beli musawamah (tawar-menawar), karena pada praktiknya ada proses tawar-menawar harga antara penjual dan pembeli. 2)Tinjauan hukum Islam terhadap penetapan harga jual beli online Sepatu limited edition di Varenz Sneakers telah sesuai, faktor yang paling berpengaruh terhadap harga sepatu yaitu tingkat kelangkaan atau keterbatasan. Semakin terbatas maka harga akan semakin tinggi, sehingga pengambilan keuntungan berkali lipat diperbolehkan, serta tidak adanya unsur riba dan gharar, karena saling ridha antara penjual dan pembeli

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): -
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 20 Aug 2024 07:02
Perubahan Terakhir: 20 Aug 2024 07:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15002

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.