Implementasi Investasi Mulia Pada Sistem Pengelolaan Cicilan Emas Ditinjau Berdasarkan Fatwa DSN-MUI No.77/DSN-MUI/V/2010 (Studi Kasus di Pegadaian Syariah CPS Kepandean Kota Serang).

Fahrulloh, Fahrulloh (2024) Implementasi Investasi Mulia Pada Sistem Pengelolaan Cicilan Emas Ditinjau Berdasarkan Fatwa DSN-MUI No.77/DSN-MUI/V/2010 (Studi Kasus di Pegadaian Syariah CPS Kepandean Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_171130042_COVER.pdf

Download (323kB)
[img] Teks
S_HES_171130042_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_171130042_BAB I.pdf

Download (768kB)
[img] Teks
S_HES_171130042_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (904kB)
[img] Teks
S_HES_171130042_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (978kB)
[img] Teks
S_HES_171130042_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_171130042_BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Teks
S_HES_171130042_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Investasi mulia merupakan sebuah layanan penjualan logam mulia emas dalam bentuk pembiayaan yang diberikan kepada masyarakat sebagai sarana investasi, dalam hal ini pembelian emasnya dilakukan dengan cara cicilan (angsuran). Pembelian emas secara cicilan ini dijalankan dalam upaya mengajak masyarakat untuk memiliki logam mulia emas dengan cara yang lebih mudah dengan keterbatasan perekonomian yang ada. Pada saat ini masyarakat kerap kali melakukan jual beli emasnya dilakukan secara tidak tunai, baik itu dengan cara angsuran/bertahap (taqsith), maupun dilakukan dengan cara tangguhan/penahanan barang (ta`jil). Maka transaksi jual beli emas dengan cara pembayaran yang tidak tunai tersebut dapat menimbulkan perbedaan pendapat di kalangan umat Islam. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah yang tertuang dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana sistem pengelolaan investasi mulia yang dilakukan oleh pihak Pegadaian Syariah Cabang Serang dalam praktik cicilan emas tersebut? 2). Bagaimana analisis fatwa DSN-MUI No.77/DSN-MUI/V/2010 tentang jual beli emas secara tidak tunai terhadap praktik cicilan emas yang dilakukan oleh pihak Pegadaian Syariah Cabang Serang tersebut? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengelolaan investasi mulia dalam praktik cicilan emas yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Cabang Serang, serta analisis fatwa DSN-MUI No.77/DSN-MUI/V/2010 tentang jual beli emas secara tidak tunai dalam praktik cicilan emas yang dilakukan oleh pihak Pegadaian Syariah Cabang Serang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode hukum yuridis empiris, yang bermaksud untuk mengetahui keadaan secara langsung dari tempat penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi (Field Research), yang dilakukan dengan cara observasi secara langsung serta didukung dengan bahan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi investasi mulia dalam praktik cicilan emas yang dilakukan oleh pihak Pegadaian Syariah Cabang Serang sudah sesuai implementasinya berdasarkan keputusan fatwa DSN-MUI No.77/DSN-MUI/V/2010 tentang jual beli emas secara tidak tunai yang menayatakan bahwa: Harga jual emas (tsaman) atau pembayaran angsuran cicilan emas tidak mengalami penambahan atau pengurangan pembayaran, dalam artian cicilan angsuran emas setiap bulannya bersifat tetap (flate), dan obyek logam mulia emas tersebut ditahan dan disimpan terlebih dahulu oleh pihak Pegadaian Syariah Cabang Serang yang diikat dengan akad Rahn sampai pembayaran angsuran cicilan emas lunas dibayarkan oleh nasabah. Dan itu semua sudah sesuai dengan ketentuan pada fatwa DSN-MUI No.77/DSN-MUI/V/2010 tentang jual beli emas secara tidak tunai.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Investasi Mulia, Cicilan Emas, Pegadaian Syariah.
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 20 Aug 2024 03:10
Perubahan Terakhir: 20 Aug 2024 03:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14997

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.