Pola Asuh Orang Tua Dalam Penanaman Agama dan Moral Anak Usia 4-5 Tahun (Studi di Kampung Sindang Resmi Kabupaten Pandeglang Banten)

Awaliani, Silvi (2024) Pola Asuh Orang Tua Dalam Penanaman Agama dan Moral Anak Usia 4-5 Tahun (Studi di Kampung Sindang Resmi Kabupaten Pandeglang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_191260049_COVER.pdf

Download (176kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260049_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (687kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260049_BAB_1.pdf

Download (240kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260049_BAB_II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (380kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260049_BAB_III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (256kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260049_BAB_IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (261kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260049_BAB_V.pdf

Download (162kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260049_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)

Abstrak

Penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pembiasaan dan pola asuh orang tua dalam menanamkan nilai moral agama pada anak usia 4-5 tahun di Kampung Sindang Resmi Kabupaten Pandeglang Banten Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendorong orang tua dalam menamkan nilai moral agama pada anak khususnya orang tua di Kampung Sindang Resmi Kabupaten Pandeglang Banten. Manfaatnya adalah dapat menambah khazanah keilmuwan tentang pola asuh orang tua dalam penanaman nilai moral agama untuk anak usia dini, Untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang peningkatan akhlakul karimah anak, untuk membangkitkan kesadaran orang tua bahwa pendidikan yang paling utama berada di kedua tangan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui beberapa tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Subjek penelitian dalam penelitian ini meliputi orang tua yang mempunyai anak usia 4-5 tahun di Kampung Sindang Resmi Kabupaten Pandeglang Banten Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari 10 (sepuluh) orang tua di Kampung Sindang Resmi Kabupaten Pandeglang Banten 3 (tiga) orang tua diantaranya mengarah pada pola asuh permisif. Sedangkan 7 (tujuh) orang tua diantaranya menggunakan pola asuh campuran antara pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter. Pola asuh demokratis ditandai adanya taklim (memberitahu), targhib (motivasi), uswatun khasanah (teladan), bil hikmah (bijaksana), dan adanya musyawarah (diskusi). Pola asuh otoriter ditandai adanya tahrim (larangan), dan pola asuh permisif ditandai adanya perilaku orang tua yang membebaskan anak, pada pola asuh ini tidak terdapat taklim (memberitahu), targhib (motivasi), tahrim (larangan), uswatun khasanah (teladan), bil hikmah (bijaksana) dan musyawarah (diskusi). Faktor Penghambat : Latar belakang pendidikan orang tua. Kesibukan orang tua. Lingkungan yang kurang kondusif. Sedangkan Faktor Pendorong :Harapan orangtua agar anaknya tidak terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Karena orang tua berharap agar anak bisa menjadi lebih baik dari mereka dengan cara mengajarkan hal-hal baik dan memberikan pengertian mengenai prilaku baik dan buruk. Mengajarkan sopan santun serta mengajarkan cara-cara beribadah. Perhatian orangtua terhadap anak dengan cara mengajak anak ke mesjid dan mengawasi anak ketika bermain turut mendukung penanaman nilai moral pada anak. selain itu orangtua juga memeberikan pembelajaran keagamaan dengan cara mengajarkan anak mengaji dan menulis huruf arab.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pola Asuh Orang Tua, Penanaman Nilai Moral Agama anak.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 15 Aug 2024 08:12
Perubahan Terakhir: 15 Aug 2024 08:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14986

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.