Rumusan Kepemimpinan yang Efektif dalam Lembaga Pendidikan

Ambarwati, Puji and Gunawan, Agus (2024) Rumusan Kepemimpinan yang Efektif dalam Lembaga Pendidikan. jiip (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol.7. pp. 6829-6834. ISSN 2614-8854)

[img]
Pra Tinjau
Teks
Rumusan Kepemimpinan yang Efektif dalam Lembaga Pendidikan.pdf

Download (198kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Sebuah lembaga pendidikan sengaja dibangun untuk ikut serta dalam usaha mencerdaskan bangsa. Banyak lembaga pendidikan berjamuran namun sangat disayangkan masih jauh dari kualitas yang diharapkan. Hal ini merupakan dampak dari kurangnya kemampuan seorang pemimpin di lembaga pendidikan dalam mengelola lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan khasanah kepada para pemimpin lembaga pendidikan untuk mendapatkan rumusan mengenai kepemimpinan yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Dari penelitian ini didapatkan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif, seorang pemimpin pada lembaga pendidikan atau kepala sekolah hendaknya menjadi pemimpin yang transformasional. Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan harus memahami perannya sebagai pemimpin, manager, dan coach, berkepribadian baik, memiliki keterampilan-keterampilan kepemimpinan, dan menerapkan gaya kepemimpinan sesuai dengan permasalahan yang di hadapi serta situasi dan kondisi tempat lembaga pendidikan tersebut berada.

Tipe Item/Data: Artikel
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 15 Aug 2024 03:47
Perubahan Terakhir: 15 Aug 2024 03:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14975

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.