Perbedaan Pemimpin Dan Manajer Dalam Organisasi

Adawiah, Diah Robiatul and Supian, Sopwan and Gunawan, Agus and Lugowi, Rifyal Ahmad (2024) Perbedaan Pemimpin Dan Manajer Dalam Organisasi. MEtakognisi, Vol. 6. pp. 143-149. ISSN P-ISSN: 2655-9358 | E-ISSN: 2798-0774

[img] Teks
Artikel+Diah,+dkk_9-12+Imam.pdf

Download (763kB)

Abstrak

Abstrak Pendidikan merupakan sesuatu yang dibutuhkan dalam peningkatan Sumber Daya Manusia di sebuah Lembaga Pendidikan. Sebuah lembaga pedidikan akan mampu memajukan lembaganya apabila ditangani oleh figure pemimpin yang baik. Dengan kemampuan seorang pemimpin yang baik dapat menggerakkan orang-orang menuju tujuan jangka panjang dan betul-betul merupakan usaha untuk memenuhi kepentingan mereka. Tujuan dari penelitian ini untuk membahas terkait perbedaan antara pemimpin dan manajer. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data- data pustaka dari sumber yang relavan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemimpin sebagai seseorang dengan wewenang kepemimpinannya mengarahkan bawahannya untuk mengerjakan sebagian dari pekerjaannya dalam mencapai tujuan. Sedangkan manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatannya guna mencapai sasaran suatu organisasi. Perbedaan antara manajer dan pemimpin adalah dari bagaimana cara memotivasi orang-orang yang bekerja atau mengikuti mereka, dan ini menetapkan untuk aspek-aspek lain sebagian besar dari apa yang mereka lakukan.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Pemimpin, Manajer, Organisasi
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 15 Aug 2024 03:46
Perubahan Terakhir: 15 Aug 2024 03:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14971

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.