Konvensi dalam Praktik Ketatanegaraan di Indonesia Perspektif Hukum Islam

Hayat, Rofiatul (2024) Konvensi dalam Praktik Ketatanegaraan di Indonesia Perspektif Hukum Islam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HTN_201120084_Cover.pdf

Download (289kB)
[img] Teks
S_HTN_201120084_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HTN_201120084_Bab I.pdf

Download (726kB)
[img] Teks
S_HTN_201120084_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (598kB)
[img] Teks
S_HTN_201120084_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (418kB)
[img] Teks
S_HTN_201120084_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (828kB)
[img] Teks
S_HTN_201120084_Bab V.pdf

Download (361kB)
[img] Teks
S_HTN_201120084_Daftar Pustaka.pdf

Download (494kB)

Abstrak

Konvensi dikategorikan sebagai sebuah peraturan tidak tertulis yang dapat dijadikan acuan hukum serta menjadi sistem hukum di Indonesia dan sifatnya mengikat, namun demikian upaya dari lembaga legislatif selalu ingin memformalkan peraturan tidak tertulis masuk kedalam perundang-undangan seolah-olah ingin menghapuskan konvensi dari sistem hukum, namun secara yuridis formal hukum tidak dapat dilepaskan dari konvensi sebagai bagian dari sistem hukum sebagaimana hukum Islam menerima ‘urf sebagai sumber hukum Islam dan menjadi bagian daripada sistem hukum Islam. Oleh karena itu, bahwa konvensi tetap berlaku dan dipakai dalam bidang ketatanegaraan, dalam penyelenggaraan negara dan menjadi bagian dari konstitusi Dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalahnya yaitu 1) Bagaimana konvensi berkenaan dengan bidang ketatanegaraan? 2) Bagaimana eksistensi konvensi sebagai landasan hukum Islam dalam penyelenggaraan negara? 3) Bagaimana konvensi sebagai bagian dari konstitusi? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui dan memahami konvensi berkenaan dengan bidang ketatanegaraan. 2) Mengetahui dan memahami eksistensi konvensi sebagai landasan hukum Islam dalam penyelenggaraan negara. 3) Mengetahui dan memahami konvensi sebagai bagian dari konstitusi. Penelitian ini merupakan penelitan library research. Sifat penelitiannya yuridis-normatif. Pendekatan penelitiannya yaitu deskriptif. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan, penulis menginput data baik yang bersifat primer maupun sekunder. Teknik pengumpulan data primer bersumber pada buku-buku yang berkaitan dengan konvensi dalam praktik ketatanegaraan di Indonesia. Sedangkan teknik pengumpulan data sekunder penulis menggunakan referensi melalui artikel dan jurnal untuk mengkaji konvensi dalam praktik ketatanegaraan di Indonesia perspektif hukum Islam secara mendalam. Teknik pengolahan data yang penulis gunakan adalah logika induktif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu 1) Konvensi ketatanegaraan yaitu perundang-undangan tidak tertulis yang memiliki kekuatan hukum yang sama dengan hukum tertulis. 2) Eksistensi konvensi ketatanegaraan dalam penyelenggaraan negara tetap diakui dan berlaku selama tidak bertentangan dengan konstitusi maupun prinsip syariat Islam. 3) Konvensi merupakan bagian daripada konstitusi yang memiliki aspek mengikat dan pelengkap konstitusi akan tetapi ketika terjadi pelanggaran terhadap konvensi tidak dapat diadili oleh badan pengadilan dikarenakan tidak memiliki dasar hukum, tetapi dapat diancam dengan sanksi moral dan politik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): konvensi, ketatanegaraan, Islam
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum > 342 Konstitusi & administrasi hukum
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 25 Jul 2024 08:23
Perubahan Terakhir: 25 Jul 2024 08:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14952

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.