Penerapan Konsep Manṭūq dan Mafhūm dalam Surat Yasin Ayat 1-10 Studi Tafsir Rūh al-Ma’āni Karya al-Alūsī

Masda, Masda (2024) Penerapan Konsep Manṭūq dan Mafhūm dalam Surat Yasin Ayat 1-10 Studi Tafsir Rūh al-Ma’āni Karya al-Alūsī. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320004_Cover.pdf

Download (396kB)
[img] Teks
S_IAT_191320004_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_191320004_Bab I.pdf

Download (356kB)
[img] Teks
S_IAT_191320004_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (361kB)
[img] Teks
S_IAT_191320004_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (469kB)
[img] Teks
S_IAT_191320004_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (672kB)
[img] Teks
S_IAT_191320004_Bab V.pdf

Download (160kB)
[img] Teks
S_IAT_191320004_Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB)

Abstrak

Al-Qur‟an merupakan firman Allah yang diberikan kepada Nabi Muhammad Saw, yang berbahasa Arab, Al-Qur‟an juga merupakan wahyu, akan tetapi bukan hanya sekedar wahyu, namun juga sebagai mukjizat yang harus dipelajari, dipahami dan di amalkan oleh setiap muslim. Al-Qur'an adalah pedoman bagi umat Islam. Tentu saja jika kita berbicara tentang ayat-ayat Al-Qur‟an, tidak semua ayat yang ada di dalam Al-Qur‟an memberikan penjelasan atau pengertian yang jelas. Jika ditemukan, kemungkinan besar masih banyak ayat-ayat Al-Qur‟an yang memerlukan penafsiran lebih dalam atau penjelasan lebih lanjut mengenai ayat-ayat yang ada di dalam Al-Qur‟an. Hal ini menunjukan bahwa ayat-ayat tersebut memiliki makna yang tersirat maupun tersurat. Adapun pembahsannya yang pertama adalah bagaimana konsep manṭūq dan mafhūm menurut pandangan ulama dalam kajian Al-Qur‟an serta bagaimana penerapan konsep manṭūq dan mafhūm pada surat yasin dalam kitab Tafsir Rūh al-Ma‟āni. Tujuan dari penelitin ini yang pertama adalah untuk mengetahui kosep manṭūq serta mafhūm menurut para ulama dalam kajian Al-Qur‟an, selanjutnya untuk mengetahui penerapan konsep manṭūq dan mafhūm pada surat yasin dalam Tafsir Rūh al-Ma‟āni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang menggunakan bentuk penelitian kepustakaan atau disebut juga penelitian library research. jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan literatur berupa buku, jurnal, skripsi atau artikel ilmiah dengan pembahasan yang sesuai dengan penulis. Dalam penelitian ini ada dua sumber yang diteliti yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Adapun sumber primer yang dilakukan oleh penulis adalah Tafsir al-Alūsi karya Rūh al-Ma‟āni, karena tafsir ini memiliki keterkaitan pembahasan dengan penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu manṭūq dan mafhūm, yang ada keterkaitanya dengan ulumul Qur‟an atau ushul fiqh. Sedangkan sumber sekunder dalam penelitian ini adalah semua sumber pustaka baik berupa buku, artikel, jurnal, skripsi dan karya ilmiah lainya yang berkaitan dengan penelitian yang dibahas oleh peneliti. Dengan demikian penulis dapat menemukan hasil dari penelitian yang dibahasa oleh penulis, yaitu makna yang tersirat atau tersurat yang ada di dalam Al-Qur‟an dan hal ini berkaitan erat dengan penafsiran al-Alūsī, yang dimana di dalam penafsiranya menjelaskan makna yang tersirat dan tersurat secara menyeluruh dalam berbagai dimensi, seperti asbab nuzul, sabda Nabi, pendapat para tabi‟in, bahkan sampai pada penafsiran ilmiyah, seperti penafsiran pada ayat-ayat kauniyah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): konsep mantuq dan mafhum, surat yasin ayat 1-10, tafsir ruh al-ma'ani, al-Alusi
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 19 Jul 2024 09:22
Perubahan Terakhir: 19 Jul 2024 09:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14921

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.